Kala pandemi Covid-19, ini pentingnya mengonsumsi multivitamin

Senin, 26 Juli 2021 | 21:30 WIB   Reporter: RR Putri Werdiningsih
Kala pandemi Covid-19, ini pentingnya mengonsumsi multivitamin

KONTAN.CO.ID - Pandemi Covid-19 menuntut Anda untuk lebih menjaga daya tahun agar terhindar dari berbagai penyakit. Ini pentingnya mengonsumsi multivitamin.

Rajin mengonsumsi sayur, buah, protein, dan susu tentu sudah Anda lakukan. Tapi, apakah selalu bisa Anda pastikan apa yang dikonsumsi selama ini kandungan gizinya lengkap? 

Menurut Dr Tities Anggraeni Indra, Sp.PD, inilah pentingnya mengonsumsi multivitamin. Tidak ada salahnya rutin mengonsumsi multivitamin untuk lebih memastikan kandungan gizi yang masuk ke tubuh seimbang.

Apalagi, di tengah situasi pandemi Covid-19. Multivitamin bisa Anda konsumsi sehari sekali atau ketika harus melakukan aktivitas yang terlampau berat.

"Dengan mengonsumsi multivitamin secara rutin bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dapat tetap melakukan aktivitas dan menurunkan risiko terinfeksi Covid-19 serta virus lainnya," katanya. 

Baca Juga: Sayur dan buah ini bisa jadi penguat sistem imunitas yang kuat, lo

Ada tiga jenis vitamin yang patut Anda konsumsi dalam masa pandemi: vitamin C, vitamin D3, dan zinc. Ketiga vitamin ini sangat direkomendasikan dalam pengobatan Covid-19. 

Menurut dr Tities, vitamin C memiliki banyak manfaat antara lain sebagai antioksidan, memengaruhi imunitas seluler, hingga mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki sel tubuh.

Sedangkan pada pasien Covid-19, pemberian suplemen vitamin C bisa meredakan inflamasi, stres oksidatif, sepsis, dan meningkatkan imunitas. Dosis kebutuhan vitamin C untuk dewasa per hari mencapai 500-1.000 mg. 

Kemudian vitamin D, berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh, mencegah berbagai penyakit kronis, dan mengoptimalkan kerja sel-sel di dalam tubuh.

Pada pasien Covid-19, suplemen vitamin D bekerja untuk mencegah terjadinya badai sitokin maupun badai bradykinin dan mempercepat pemulihan. Konsumsi vitamin D sekitar 40-60 mg per hari. 

Sedangkan Zinc merupakan zat besi yang memiliki aktivitas sebagai antivirus untuk menstabilisasi membrane sel untuk menghambat masuknya virus dan replikasi virus. Dosisnya zinc sebanyak 3-16 mg sehari 

Selanjutnya: Penelitian ini temukan makanan dan minuman untuk mengurangi risiko Covid-19

Editor: Putri Werdiningsih
Terbaru