Kadar Asam Urat Normal Pria & Wanita, Serta Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami

Jumat, 26 Agustus 2022 | 05:05 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Kadar Asam Urat Normal Pria & Wanita, Serta Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak batas asam urat normal pada pria dan wanita. Kenali juga cara menurunkan asam urat yang tinggi secara alami.

Cara menurunkan asam urat yang tinggi secara alami bisa dilakukan dengan konsumsi sejumlah makanan dan minuman. Makanan dan minuman penurun asam urat ini bisa dikonsumsi jika asam urat sudah melebihi batas normal.

Dilansir dari Kompas.com, batas asam urat normal bagi laki-laki adalah 2,5-7,0 mg/dl. Batas asam urat tinggi pada laki-laki adalah di atas 7,0 mg/dl.

Sementara itu, batas asam urat normal bagi wanita adalah 1,5-6,0 mg/dl. Sedangkan kadar asam urat tinggi pada wanita adalah di atas 6,0 mg/dl.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, jumlah asam urat yang terlalu banyak dapat mengkristal di bagian jaringan lunak dan sendi sehingga mengakibatkan banyak masalah. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat.

Jika Anda memiliki jumlah asam urat dalam tubuh yang cukup tinggi, cobalah untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak purin. Dengan begitu, peradangan bagian tubuh akibat jumlah asam urat yang tak terkontrol dapat Anda hindari.

Melansir Health Central (healthcentral.com), cobalah untuk mengonsumsi produk olahan susu, seperti keju atau yogurt. Namun, pastikan untuk memilih produk rendah lemak, ya. Jika Anda tidak suka produk olahan susu, masih banyak jenis makanan lain yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menurunkan asam urat tinggi secara alami.

Baca Juga: Selain Meredakan Asam Urat dan Rematik, Ini Manfaat Secang untuk Kesehatan

Sayur

Sayur termasuk salah satu makanan untuk penderita asam urat yang dapat Anda coba. Mayoritas sayuran memiliki kandungan purin yang sedikit. Jadi, jenis makanan itu bisa Anda masukkan dalam menu sehat yang Anda konsumsi sehari-hari.

Namun, ada beberapa jenis sayur yang sebaiknya Anda hindari karena memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Misalnya, kembang kol, jamur, dan bayam. Jika Anda memang ingin mengonsumsinya, usahakan untuk tidak makan jenis sayuran itu lebih dari ½ gelas per hari.

Minyak Zaitun dan Minyak Ikan

Health Central mengatakan bahwa mengonsumsi minyak zaitun dapat menurunkan risiko peradangan dalam tubuh. Selain minyak zaitun, Anda juga bisa mengonsumsi minyak ikan secara rutin supaya jumlah asam urat dan rasa sakit di badan bisa berkurang.

Minyak ikan mengandung omega-3 yang berperan sebagai antiinflamasi. Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi minyak ikan dalam bentuk suplemen, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat dosis suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda.

Buah Ceri

Berikutnya, makanan untuk penderita asam urat yang bisa Anda coba adalah buah-buahan. Sama seperti sayur, kebanyak buah memiliki jumlah purin yang sedikit. Namun, salah satu jenis buah yang benar-benar efektif menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh adalah ceri.

Anda bisa mengolah buah ceri dalam berbagai macam hidangan. Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan yogurt, mengolahnya dulu menjadi smoothies, atau mengonsumsinya dalam bentuk jus. Namun, pastikan untuk tidak menambah pemanis buatan supaya manfaatnya bisa terserap tubuh secara maksimal.

Minuman untuk penurun asam urat

Mengutip Kompas.com, ada lima rekomendasi minuman untuk menurunkan asam urat.

1. Minuman jahe

Minuman pertama untuk menurunkan asam urat adalah jahe. Jahe termasuk rempah yang sering digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi peradangan dan menurunkan kadar asam urat.

Sebuah studi menemukan fakta bahwa kadar asam urat bisa menurun setelah mengonsumsi minuman jahe secara rutin. Cara membuat minuman tersebut adalah dengan merebus jahe yang sudah dibersihkan dan dimemarkan selama 10 menit. Minuman ini dapat dikonsumsi tiga kali dalam sehari.

Meski dikatakan sehat, beberapa kondisi tubuh seseorang mungkin bisa merasakan efek samping akibat mengonsumsi jahe berlebihan. Karena itu, diperlukan konsultasi ke dokter terkait bila ingin mengonsumsi minuman jahe dalam jangka panjang.

2. Minuman cuka apel, lemon dan kunyit

Minuman kedua untuk menurunkan asam urat adalah kombinasi cuka apel, lemon dan kunyit. Paduan masing-masing bahan alami tersebut cukup direkomendasikan sebagai minuman perontok asam urat.

Cara membuat minumannya adalah campurkan satu setengah perasan lemon ke dalam air hangat. Kemudian masukkan 2 sendok teh kunyit bubuk dan 1 sendok teh cuka apel. Minuman ini dapat dikonsumsi dua sampai tiga kali dalam sehari.

3. Hibiscus

Minuman ketiga untuk menurunkan asam urat adalah hibiscus. Hibiscus telah dikenal lama sebagai tanaman yang cukup bermanfaat sebagai pengobatan herbal untuk menurunkan kadar asam urat.

Hibiscus biasanya dijual dalam bentuk bunga kering yang dapat diseduh dengan air hangat serta dikonsumsi secara rutin. Kita dapat membelinya di toko online atau beberapa toko khusus obat herbal terdekat.

4. Jus mentimun

Minuman keempat untuk menurunkan asam urat adalah jus mentimun. Pada dasarnya, pola makan rendah purin dan minum banyak air dapat membantu merontokkan tumpukan asam urat yang mengkristal di persendian.

Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang sangat rendah purin. Ketika dibuat minuman, khasiatnya cukup ampuh dalam mencegah dan mengatasi asam urat. Selain itu, mentimun juga mengandung kadar air yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu meluruhkan asam urat melalui urine yang terbuang.

5. Jus seledri batang

Minuman kelima untuk menurunkan asam urat adalah jus seledri batang. Seledri batang merupakan sebutan untuk seledri yang ukurannya besar.

Sayuran ini berbeda dengan seledri pada umumnya yang biasa kita kenal berukuran kecil dan digunakan untuk menyedapkan masakan. Seledri jenis ini telah lama dikenal sebagai sayuran yang cukup ampuh menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

Cara mengonsumsinya adalah seledri dapat langsung dimakan dalam keadaan mentah atau dijadikan minuman seperti jus dan beberapa tambahan buah lain seperti lemon atau apel agar rasanya lebih nikmat.

Itulah batas normal asam urat pada pria dan wanita serta cara menurunkan asam urat tinggi secara alami. Konsumsi makanan dan minuman penurun asam urat tersebut secara rutin agar kadar asam urat kembali normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru