Kesehatan Umum

Jerawatan karena sering pakai masker? Simak tips pencegahannya berikut ini

Senin, 16 Maret 2020 | 16:19 WIB Sumber: Kompas.com
Jerawatan karena sering pakai masker? Simak tips pencegahannya berikut ini

ILUSTRASI. High school students wear protective face masks to protect themselves from coronavirus disease (COVID-19) while taking photos of the flag rising ceremony at Chiang Kai Shek Memorial Hall in Taipei, Taiwan, March 11, 2020. REUTERS/Ann Wang

KONTAN.CO.ID - Sebagian orang menggunakan masker secara rutin, ketika berkendara dan beraktivitas. Penggunaan masker yang terlalu sering dan tidak tepat rupanya memicu munculnya jerawat. 

Wabah virus corona yang menjadi masalah global dalam beberapa waktu terakhir, membuat semakin banyak orang lebih rajin menggunakan masker. 

Ternyata, menggunakan masker terlalu sering bagi sebagian orang menjadi pemicu munculkan jerawat di wajah. 

Baca Juga: Sakit kepala sering datang tiba-tiba? Cegah dengan cara berikut ini

Padahal, jika Anda menggunakannya secara benar dan tepat, masalah itu tidak akan muncul. Dokter kosmetologi, Indira P. Tranggono berbagi tips untuk mencegah jerawat saat mengenakan masker. 

1. Ganti masker sesering mungkin 

Gantilah masker sesering mungkin. Indira menyarankan misalnya setiap 6-12 jam, terlebih jika kamu sedang sakit. Hal ini penting sebab masih ada sebagian masyarakat yang jarang mengganti masker. Misalnya, para pengendara motor. 

"Sudah gitu besoknya lupa yang dipakai di luar malah dipakai di dalam. Itu kan radikal bebas, polusi," kata dia ketika ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu. Jika tidak mau terlalu boros dengan sering-sering berganti masker, Indira mengatakan, masker juga bisa dibuat sendiri di rumah menggunakan kain. 

Meski memang tak bisa sepenuhnya melindungi kita dari infeksi virus, namun masker setidaknya bisa membantu menyaring udara yang kita hirup dan masuk ke dalam tubuh.

2. Rajin membersihkan wajah 

Jerawat muncul karena kotoran yang bercampur dengan keringat dan minyak bisa menutup pori-pori wajah. Untuk itu, rajinlah membersihkan wajah, untuk perempuan terutama ketika pada periode menstruasi. 

Baca Juga: Ini sejumlah obat yang berpotensi efektif mengobati virus corona, apa saja?

Sebab, ketidakseimbangan hormonal pada periode tersebut memicu minyak berlebih, sehingga risiko timbulnya jerawat lebih besar. 

"Kalau enggak rajin bersihin muka, gampang jerawatan. Kalau satu, dua normal. Tapi kalau sudah satu wajah, perlu berhati-hati," kata Indiran.

3. Lakukan scrub rutin 

Lakukan scrub wajah secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati. Cara ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. 

Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan produk-produk yang beredar di pasaran. Tentunya, pilih produk yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Selain itu, memilih produk lokal cenderung lebih mudah cocok dengan kulit Anda karena dibuat khusus untuk karakteristik kulit orang Indonesia. 

"Kalau pakai produk luar negeri yang di lingkungan empat musim seringkali tidak sesuai," kata dia.

4. Utamakan pakai masker ketika sakit 

Terakhir, Indira mengingatkan agar menggunakan masker secara cerdas. Gunakan masker utamanya ketika kamu sedang sakit. "Kalau sakit, kita harus melindungi diri kita supaya tidak menyusahkan orang lain.

Baca Juga: Anda penderita influenza? Ini Empat cara mempercepat penyembuhan flu

"Kalau ada yang sakit di sekitar kita, bawa masker, kasih ke orang itu." "Lalu saat traveling di pesawat harus pakai masker karena sirkulasi udara terbatas," ujarnya. 

Ingatlah bahwa selain menggunakan masker, hal utama yang perlu kita perhatikan adalah menjaga daya tahan tubuh. Caranya dengan olahraga dan menerapkan pola hidup sehat. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sering Pakai Masker? Simak Tips Agar Tak Picu Jerawat ", 
Penulis : Nabilla Tashandra
Editor : Glori K. Wadrianto

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru