kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan Sepelekan, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Meningitis yang Perlu Diwaspadai


Rabu, 22 Maret 2023 / 04:38 WIB
Jangan Sepelekan, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Meningitis yang Perlu Diwaspadai
ILUSTRASI. Jangan Sepelekan, Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Meningitis yang Perlu Diwaspadai.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -   Ada berbagai penyakit yang menerang otak yang perlu diwaspadai, salah satunya penyakit meningitis. 

Penyakit ini cukup berbahaya, bahkan beberapa artis ternama juga menghembuskan nafas terakhir akibat penyakit ini. 

Karena hal ini perlu adanya pemahaman yang baik tentang gejala penyakit meningitis yang perlu diwaspadai. 

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Anis Ika Nur Rohmah, menyampaikan bahwa ada banyak hal yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit ini. 

Baca Juga: 10 Skill Ini Bisa Bikin Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja, Simak Apa Saja

Gejala penyakit meningitis

Meningitis merupakan penyakit peradangan pada selaput otak yang diakibatkan oleh infeksi dari virus, bakteri, parasit dan jamur. 

Gejalanya diawali dengan rasa sakit kepala yang luar biasa dan terjadi terus-menerus. Hal ini jarang diperhatikan masyarakat, karena dinilai cukup umum seperti sakit kepala biasa. 

Mereka pun merasa tidak perlu konsultasi ke tenaga kesehatan. Hal ini seringkali membuat meningitis terlambat ditangani.

Ada beragam faktor yang menyebabkan seseorang bisa terserang meningitis, salah satunya adalah menurunnya imun tubuh.

“Bila seseorang merasa kelelahan, imunitas tubuhnya akan menurun dan di saat bersamaan tidak sengaja berada di sekitar tempat yang terdapat virus atau bakteri penyebab meningitis. Penyakit tersebut bisa langsung menyerang individu yang bersangkutan,” jelas Anis, dikutip dari situs UMM.

Maka masyarakat harus mengenal gejala awal penyakit tersebut. Misalnya saja demam tinggi secara mendadak, sakit kepala disertai mual dan muntah, susah konsentrasi, kerigat dingin serta leher yang kaku. 

Semakin terlambat disadari dan terdeteksi, maka semakin lama pula proses penyembuhannya. Hal ini karena penyebaran virus penyakit tersebut telah meluas.

Baca Juga: Tips Jitu Sukses Budidaya Ikan Lele Buat Pemula Agar Penen Bisa Melimpah

Penyebab penyakit meningitis

Anis menambahkan, virus dan bakteri yang menyebabkan meningitis ini akan mudah menyebar melalui aliran darah lalu berpindah ke sumsum tulang belakang hingga otak. 

“Banyak faktor penyerta yang dapat menyebabkan meningitis, tidak hanya berpatokan pada imunitas yang menurun. Contohnya seperti infeksi gigi yang tidak segera ditangani yang bisa menjalar ke otak,” lanjutnya.

Penyakit meningitis dapat menyebabkan kematian karena inflamasi atau peradangan yang memunculkan pembengkakan yang kemudian akan membuat massa otak bertambah. 

Ketika salah satu bagian dari otak mengalami penambahan volume, hal tersebut akan menyebabkan peningkatan tekanan pada otak atau disebut dengan tekanan intrakranial. 

“Otak adalah pusat segalanya bagi tubuh. Apabila infeksi terhadap suatu penyakit menyebar, tentu akan berimbas pada pusat koordinasi,” tandasnya. 

Anis pun mengimbau apabila dirasa terdapat gejala yang tidak biasa dan terus-menerus, masyarakat harus segera memeriksakan diri. Hal itu sebagai upaya untuk mendeteksi penyakit yang mungkin berbahaya. 

“Jagalah kesehatan dan segera hubungi nakes jika ada sakit yang dirasakan terus menerus,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×