Jangan sepelekan, ini manfaat air putih untuk tubuh

Kamis, 22 Juli 2021 | 10:12 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Jangan sepelekan, ini manfaat air putih untuk tubuh

ILUSTRASI. Tubuh kita memerlukan asupan air putih yang cukup. Reuters / Lee Smith Livepic

KONTAN.CO.ID - Tubuh kita memerlukan asupan air putih yang cukup. Tapi meskipun semua orang mengerti manfaatnya, tidak semua minum air putih yang cukup setiap harinya.

Entah kenapa banyak sekali yang masih belum mengonsumsi air putih secara teratur dan cukup. Kita cenderung tergoda dengan minuman manis yang kaya dengan gula, padahal itu tidak baik untuk kesehatan. 

Kita semua sudah tahu mengonsumsi air putih dalam sehari sekurang-kurangnya adalah 8-9 gelas. Namun sebelum momsmoney.id jelaskan 5 manfaat mengonsumsi air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh, perlu mengerti kriteria jika tubuh kekurangan air putih. Dilansir dari laman Puskesmas Gamping 1 Sleman, gejala awal dehidrasi bisa diketahui dari:

  • Mulut terasa haus dan kering
  • Merasa gejala pusing dan tidak bisa fokus
  • Urine berwarna kuning dan berbau
  • Elastisitas kulit berkurang
  • Menurunnya kesadaran
  • Hingga dapat menyebabkan kejang-kejang

Bila sudah merasakan beberapa gejala di atas, sebaiknya jangan tunda minum air putih karena dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama pada ginjal. Nah, kira-kira apa manfaat mengonsumsi air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Ketahui Makanan Yang Baik Dan Buruk Bagi Kesehatan Paru-Paru

1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal memegang peranan penting dalam tubuh untuk menyaring darah dan membuang zat-zat beracun dalam tubuh, dikutip dari Healthline. Banyak minum air putih yang cukup dapat membantu ginjal tetap berfungsi secara optimal dan meminimalisir resiko terkena batu ginjal. Jangan sampai karena kurang minum, akhirnya menimbulkan masalah serius pada kesehatan ginjal.

2. Menurunkan Berat Badan

Proses metabolisme yang baik adalah salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh. Sebab, apabila sistem metabolisme dalam tubuh tidak baik, maka akan membuat badan menjadi lebih gemuk.

Berdasarkan penelitian Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, minum air putih secara teratur mampu membakar banyak kalori yang mengendap dalam tubuh. Untuk 1 gelas air putih yang diminum dapat membakar 7 kalori, maka bila minum 10 gelas air putih setiap hari dapat membakar 70 kalori. 

Bisa dibayangkan berapa banyak kalori yang terbakar selama 1 minggu jika rutin minum air putih? Jadi tidak perlu diet ekstrim untuk mengurangi berat badan. Cukup dengan rutin minum air putih cukup dan mengonsumsi makanan sehat secara rutin. 

3. Menjaga Tekanan Darah

Jika tubuh kekurangan cairan, maka dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi rendah. Hal ini dapat membuat darah mengental dan mempengaruhi kesehatan. Menurut informasi dari laman Alodokter, tekanan darah normal berkisar antara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg.

Sistem metabolisme tubuh yang baik akan membantu mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh melalui urin, tinja, dan juga keringat. Dengan minum air putih yang cukup, tekanan darah  menjadi rendah dan mencegah penyakit darah tinggi serta lainnya,

Baca Juga: Yuk, Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan Buah-Buahan Ini, Moms

4. Membantu Melumasi Sendi Tubuh

Dalam tubuh manusia terdapat tulang rawan yang sebagian besar terbuat dari air. Tulang inilah yang kemudian berfungsi sebagai bantalan untuk bagian persendian. Menurut informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, “tubuh yang kekurangan cairan dapat berpengaruh terhadap pembentukan tulang rawan akan membuatnya kehilangan kualitas bantalan. Hal ini dapat membuat sendi dalam tubuh akan terasa nyeri dan sakit”. Jika tubuh mendapatkan air putih yang cukup, air dalam tubuh bisa membantu melumasi sendi dalam tubuh sehingga tulang rawan dalam tubuh berfungsi dengan baik.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Berdasarkan informasi dari laman Binus.ac.id, “jika seseorang kurang mengonsumsi air putih, kulit bisa menjadi kering dan memunculkan jerawat di wajah”. Jadi, jangan anggap sepele kurang minum air putih karena tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, tapi cairan yang dibutuhkan dapat membantu untuk melembabkan kulit, mengembalikan elastisitas kulit serta menjaga keseluruhan kesehatan kulit. 

Kurang lengkap apa manfaat mengonsumsi air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh? Air putih lengkap juga membuat kulit lebih lembab dan cerah secara natural. Gak perlu skincare mahal  untuk menjaga kesehatan kulit, kan? Hanya perlu rutin minum air putih yang cukup untuk tubuh. 

Moms, jangan sepelekan minum air putih yang cukup ya! Itu tadi 5 manfaat mengonsumsi air putih yang cukup untuk kesehatan tubuh.

Selanjutnya: 7 Tips Sebelum Vaksin Covid-19 untuk Ibu Menyusui

Editor: Helvana Yulian
Terbaru