kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan Sembarangan, Ini 5 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi


Rabu, 08 Februari 2023 / 14:13 WIB
Jangan Sembarangan, Ini 5 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi
ILUSTRASI. Jeroan adalah salah satu makanan penyebab asam urat tinggi.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Makanan penyebab asam urat tinggi adalah salah satu makanan yang wajib diketahui. Pasalnya, penderita asam urat tinggi harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi.

Khususnya makanan yang mengandung banyak purin dapat meningkatkan asam urat. Sehingga, makanan-makanan tersebut harus dihindari dan sebaiknya jangan dikonsusmi. 

Pasalnya, jika asam urat semakin memburuk akan menimbulkan gejala seperti nyeri sendi, batu ginjal, diabetes hingga penyakit jantung.

Baca Juga: Sudah Tahu Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan? Simak Ya!

Tenty beberapa penyakit tersebut sangat membahayakan kesehatan. Untuk itu, sangat penting mengetahui dan menghindar makanan-makanan yang menjadi penyebab asam urat. 

Catat, berikut beberapa makanan penyebab asam urat yang dilansir dari Livestrong:

1. Jeroan Sapi 

Jeroan sapi adalah salah satu makanan yang harus dihindari bagi Anda yang mengidap asam urat tinggi. Pasalnya, jeroan sapi mengandung banyak purin dan lemak yang mampu meningkatkan kadar asam urat.

Baca Juga: Simak Ya! 7 Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

2. Jeroan Ayam

Selain jeroan sapi, Anda juga perlu waspada saat akan mengkonsumsi jeroan ayam. Sama halnya seperti jeroan sapi, jeroan ayam juga mengandung banyak purin. Cobalah untuk mengkonsumsi bagian ayam yang mengandung sedikit purin dan lebih banyak protein, contohnya seperti dada ayam. 

3. Ikan Teri 

Makanan penyebab asam urat lainnya adalah ikan teri. Bagi Anda yang hobi mengkonsumsi ikan asin, khususnya ikan teri Anda mesti berhati-hati. Pasalnya, ikan teri mengandung banyak purin yang menjadi salah satu penyebab asam urat. 

Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

4. Udang 

Udang adalah salah satu seafood yang cukup banyak digemari orang karena mempunyai rasa yang gurih dan enak. Namun Anda perlu waspada, pasalnya udang merupakan makanan yang menjadi salah satu penyebab asam urat. 

Hal tersebut dikarenakan udang mengandung banyak purin yang berbahaya bagi pengidap asam urat tinggi.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis, Cek Ya!

5. Kerang 

Selain udang, kerang juga salah satu seafood yang harus dihindari penderita asam urat tinggi. Meski mempunyai banyak nutrisi, kerang bisa meningkatkan asam urat yang justru jika dipaksa untuk makan akan berdampak buruk pada kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×