Penyakit Menular

Jangan panik, hal ini bisa mencegah infeksi Virus Corona

Sabtu, 20 Februari 2021 | 06:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jangan panik, hal ini bisa mencegah infeksi Virus Corona

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak pencegahan Covid-19 yang bisa Anda lakukan. Mulai dari membatasi kegiatan di luar rumah, menjaga jarak dengan orang lain, dan rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Hal penting pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memakai masker. Bagi Anda yang bukan tenaga kesehatan, bisa memakai masker kain sebanyak tiga lapis untuk melindungi diri dari serangan virus dan penyakit lain.

Usahakan untuk memakai bahan yang nyaman digunakan, ya. Jangan lupa untuk memakai masker dengan cara yang benar, yaitu benar-benar menutup mulut dan hidung. Tidak hanya menggunakan masker, masih banyak hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menghindari Covid-19.

Tutup Mulut dan Hidung Saat Batuk atau Bersin

Eat This, Not That! (eatthis.com) mengingatkan Anda agar menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Anda bisa menutupnya dengan tisu atau bagian dalam siku tangan. Setelah itu, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Jika tidak memungkinkan untuk memakai sabun dan air mengalir, Anda bisa menggunakan hand sanitizer. Hal tersebut juga termasuk salah satu protokol kesehatan yang terus diimbau oleh pemerintah. Dengan begitu, penyebaran Virus Corona bisa berkurang.

Baca Juga: Cara mencegah penularan virus corona di tengah kerumunan banyak orang

Jaga Jarak

Salah satu pencegahan Covid-19 yang bisa Anda lakukan adalah jaga jarak dengan orang lain.

Selama pandemi Virus Corona, usahakan untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah yang melibatkan banyak orang. Jika Anda terpaksa melakukannya, usahakan untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal enam kaki atau sekitar 2 m.

Selain itu, hindari tempat-tempat yang memiliki potensi penularan Covid-19 tinggi, seperti gym, bioskop, hotel, dan lain sebagainya. Tempat-tempat yang memiliki ventilasi buruk dapat memperparah penyebaran Virus Corona.

Baca Juga: Catat! 4 Hal yang harus dilakukan bila tak sengaja bertemu orang positif Covid-19

Gunakan Disinfektan

Mengutip dari Eat This, Not That!, usahakan untuk membersihkan permukaan benda dengan disinfektan secara rutin. Apalagi benda-benda yang cukup sering dipegang, seperti permukaan kursi atau meja. Anda bisa membuat disinfektan sendiri, tapi pastikan sesuai dengan anjuran pemerintah, ya.

Jaga Sistem Imun Tubuh

Menjaga sistem imun tubuh juga bisa jadi pencegahan Covid-19, lo. Anda bisa melakukannya dengan rutin olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan sesuai dengan kondisi Anda.

Selanjutnya: Catat! 4 gejala Covid-19 yang tidak banyak orang yang tahu

Editor: Belladina Biananda
Terbaru