Jangan panik! 5 Hal ini bisa Anda jadikan obat flu anak

Senin, 08 November 2021 | 08:09 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jangan panik! 5 Hal ini bisa Anda jadikan obat flu anak

ILUSTRASI. Ada banyak obat flu anak yang bisa Anda gunakan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga rentan terinfeksi flu. Hal itu dikarenakan sistem imun tubuhnya yang belum terbentuk dengan baik. Maka dari itu, obat flu anak perlu Anda ketahui supaya gejala flu bisa berkurang.

Anda memang bisa menggunakan obat flu yang dijual di apotek. Namun, mengutip dari Today’s Parent (todaysparent.com), obat flu apotek tidak direkomendasikan untuk anak-anak karena berisiko memicu efek samping.

Selain memicu mual dan muntah, beberapa jenis obat juga memicu detak jantung tidak normal dan kondisi lain. Sebagai alternatif, cobalah untuk melakukan beberapa hal ini. Apabila flu tak kunjung sembuh, segera periksakan anak ke dokter.

Pakai Humidifier

Cara mengobati flu anak bisa Anda coba dengan memakai humidifier. Humidifier berguna untuk membuat udara lembab sehingga gejala flu yang dirasakan anak-anak bisa berkurang. Untuk memaksimalkan efeknya, cobalah untuk memberikan selimut pada anak.

Baca Juga: 6 Cara meredakan sakit tenggorokan pakai bahan alami, Anda wajib jajal

Manfaatkan Madu

Madu adalah bahan alami yang dapat Anda jadikan obat flu anak. Menurut penelitian, mengonsumsi 1 sdt madu 30 menit sebelum tidur efektif meredakan gejala flu. Dengan begitu, waktu istirahat anak di malam hari menjadi tidak terganggu.

Larutan Garam

Larutan garam dapat dimanfaatkan sebagai obat flu anak.

Larutan garam merupakan obat flu anak berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Garam mampu mengencerkan dahak sehingga anak bisa lebih mudah untuk mengeluarkannya. Pada anak berusia lebih dari 6 tahun, cobalah untuk memintanya berkumur dengan air garam.

Tambahan Bantal

Today’s Parent merekomendasikan untuk mengangkat kepala anak lebih tinggi ketika tidur. Maka dari itu, Anda membutuhkan tambahan bantal. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari penyumbatan karena produksi lendir yang meningkat.

Baca Juga: Ciri-ciri radang tenggorokan ini wajib Anda waspadai

Beri Banyak Cairan

OBat flu anak bisa dari air putih atau cairan lain, seperti kuah sup.

Saat terinfeksi flu, pastikan anak mendapat banyak asupan cairan. Minum banyak cairan berguna untuk menghindarkan tubuh anak dari dehidrasi yang bisa memperparah infeksi flu. Selain air putih, Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan anak dengan kuah sup, jus buah tanpa pemanis, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara mengobati flu yang bisa Anda lakukan pada anak. Saat terinfeksi flu, pastikan untuk selalu memantau kondisi anak, ya. Apabila muncul kondisi yang berbahaya, seperti demam tinggi, jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Selanjutnya: Promo Hypermart 8 November 2021, produk harga lebih murah di hari Senin

Editor: Belladina Biananda
Terbaru