Penyakit Menular

Jangan lengah, 4 gejala virus corona ini bertahan lebih lama

Kamis, 25 Februari 2021 | 12:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jangan lengah, 4 gejala virus corona ini bertahan lebih lama

ILUSTRASI. Tenaga kesehatan melakukan perawatan terhadap pasien Covid-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/2/2021). Ada 4 gejala virus corona ini bertahan lebih lama

KONTAN.CO.ID - Beberapa gejala virus corona yang umum dikenal masyarakat adalah demam, batuk, dan sesak napas. Selain itu, masih ada gejala lain yang tetap bertahan meski pasien Covid-19 sudah sembuh.

Bahkan, gejala-gejala virus corona itu masih bisa pasien Covid-19 rasakan hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Mengutip dari The Healthy, 35% kondisi pasien Covid-19 dewasa tidak kembali seperti sedia kala meski sudah sembuh. Data tersebut semakin dikuatkan dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam JAMA pada 9 Juli.

Pasien Covid-19 yang dirawat di rumahsakit masih mengalami gejala virus corona selama 60 hari setelah gejala pertama muncul. Hasil penelitian menunjukkan, kondisi itu terjadi pada orangtua dan mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti sakit jantung.

Semakin lama gejala terjadi, risiko kerusakan komponen dalam tubuh pun akan semakin besar. Maka dari itu, Anda perlu melakukan pencegahan Covid-19 secara disiplin dan maksimal agar gejala-gejalanya tidak Anda rasakan dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Cara membedakan lelah biasa dengan lelah karena Covid-19

Kelelahan

Kelelahan adalah salah satu gejala Covid-19 yang bisa terjadi dalam jangka waktu lama. Lebih dari setengah partisipan penelitian mengalami gejala itu dalam jangka waktu dua bulan.

Bahkan, rasa lelah yang dirasakan pasien cukup parah hingga mengganggu kegiatan sehari-hari.

Sesak napas

Sesak napas jadi salah satu gejala Covid-19 karena virus menyerang sistem pernapasan.

Sesak napas adalah gejala lain yang masih bisa Anda alami meski sudah sembuh dari Covid-19. Sebenarnya, kondisi itu bukanlah suatu hal yang sulit dipahami, mengingat virus corona memang menyerang sistem pernapasan manusia.

Brain fog

Gejala Covid-19 lainnya yang perlu Anda waspadai adalah brain fog. Ini merupakan kondisi yang membuat Anda kesulitan untuk berkonsentrasi dan berpikir. Jika terus dibiarkan, tentu saja kualitas hidup Anda akan terganggu.

Baca Juga: Masih alami gejala pasca sembuh dari corona, ini rehabilitasi yang disarankan dokter

Tubuh terasa sakit

Melansir The Healthy, ada banyak pasien terinfeksi virus corona yang tetap merasakan sakit di tubuhnya meski sudah sembuh dari infeksi virus tersebut. Rasa sakit bisa menyerang otot atau bagian sendi tertentu, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan sakit pinggang.

Sampai saat ini, belum bisa ditentukan jenis pengobatan seperti apa yang bisa menyembuhkan berbagai macam gejala-gejala tersebut.

Jika mengalami gejala Covid-19 tersebut dalam jangka waktu lama, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selanjutnya: Awas! Gejala kehilangan bau dan rasa pada pasien Covid-19 bisa bertahan 5 bulan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru