Jangan Lakukan Ini Setelah Disuntik Vaksin Booster Covid-19

Kamis, 06 Januari 2022 | 15:24 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jangan Lakukan Ini Setelah Disuntik Vaksin Booster Covid-19

ILUSTRASI. Setelah mendapat vaksin booster Covid-19, usahakan untuk tidak langsung meninggalkan tempat vaksinasi. REUTERS/Michele Tantussi.

KONTAN.CO.ID - Mulai 12 Januari 2022, pemerintah mulai memberikan vaksin booster Covid-19 atau vaksin dosis ketiga ke masyarakat. Supaya efek vaksin bisa optimal, ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan.

Mengutip Eatthis.com, Anda perlu menunggu 15-30 menit di tempat vaksinasi setelah mendapat suntikan vaksin. Meski sangat jarang terjadi, vaksin Covid-19 bisa memicu reaksi alergi.

Nah, menunggu beberapa saat setelah divaksin memudahkan Anda mendapat pertolongan ketika Anda mengalami alergi.

Dua dosis vaksin Covid-19 yang sudah Anda terima memang memberikan perlindungan ekstra pada tubuh dari serangan virus corona. Hal yang sama juga berlaku pada vaksin dosis ketiga.

Namun, bukan berarti Anda bisa langsung tidak memakai masker, ya. Anda tetap harus memakai masker ketika bertemu orang lain atau berada di tempat umum. 

Baca Juga: WHO: Melonjaknya Kasus Omicron Bisa Sebabkan Varian Covid-19 yang Lebih Berbahaya

Baca Juga: Tak Perlu Cemas Jika Vaksin Booster Berbeda dengan Dosis 1 dan 2, Ini Kata Kemenkes

Jangan lupa pula untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain dan rajin mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

Meski sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19, Anda tetap bisa tertular dan menularkan penyakit itu ke orang lain.

Eatthis.com mengingatkan Anda untuk ikut memperhatikan beberapa kelompok masyarakat yang memiliki risiko terinfeksi Covid-19 lebih tinggi.

Mulai dari orang tua berusia lebih dari 65 tahun, mereka yang memiliki masalah pada sistem imun tubuh, penderita diabetes, hingga kelompok masyarakat lain yang menderita penyakit tertentu. Dengan begitu, transmisi virus corona bisa terus berkurang.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan adalah menjaga kondisi tubuh Anda supaya tetap sehat. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi. Olahraga secara teratur juga perlu Anda lakukan supaya sistem imun tubuh tetap kuat.

Selanjutnya: Anggota DPR Ini Ungkap Masalah Utama Pemindahan Ibu Kota Negara

Editor: Belladina Biananda
Terbaru