kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,84   -10,68   -1.14%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan kendor! Tetap terapkan protokol kesehatan saat ambil barang pesan antar


Sabtu, 14 November 2020 / 13:10 WIB
Jangan kendor! Tetap terapkan protokol kesehatan saat ambil barang pesan antar


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan harus tetap menjadi kebiasaan dalam keseharian. Termasuk, saat mengambil barang kiriman, mengingat belanja online dan layanan pesan antar kian marak  dilakukan pada masa pandemi Covid-19 ini.

Ketua Tim Pedoman dan Protokol dari Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Eka Ginanjar mengatakan, protokol kesehatan belakangan ini tampak semakin longgar. Padahal, itu sangat berbahaya dan mengkhawatirkan. Seharusnya, masyarakat tetap berdisiplin, bahkan dalam kegiatan rutin sehari-hari.

3M berupa memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan perlu tetap menjadi kebiasaan. Begitu juga dalam aktivitas mengambil barang dari layanan pesan antar.

Baca Juga: Ini deretan film yang tayang di bioskop CGV akhir pekan ini

Eka mengingatkan, jangan sampai lengah untuk mendisiplinkan protokol kesehatan. Jika lengah, lonjakan kasus bisa menimbulkan gelombang korban berikutnya.

"Betul, karena pandemi belum selesai, maka kewaspadaan dan kedisiplinan melaksanakan protokol kesehatan menjadi penting sekali untuk dilaksanakan, termasuk untuk hal-hal kecil seperti itu. Protokol kesehatan utama yang harus secara ketat dilaksanakan adalah 3M," kata Eka kepada Kontan.co.id, Jum'at (13/11).

Selain mempraktekan 3M, menurut Eka, idealnya rumah memiliki tempat khusus untuk menyimpan paket yang bisa dijangkau kurir untuk meletakkannya. Yang paling sederhana, bisa berupa kursi atau meja kecil.

Saran dari Eka, transaksi pun sebaiknya dilakukan secara non-tunai atau transfer, tidak melalui uang cash untuk meminimalkan sentuhan fisik. "Kalau memungkinkan barang atau makanan yang masih terbungkus plastik disemprot spray berbasis alkohol dulu, kemudian isinya dikeluarkan. Setelah itu jangan lupa mencuci tangan pakai sabun," sambung Eka.

Head of Corporate Communication PT Adaro Energy Tbk (ADRO) Febriati Nadira termasuk yang masih berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ira, sapaan akrab Nadira, selalu menerapkan 3M saat mengambil barang yang telah dipesannya.

Ira terbiasa, semua barang yang diterima langsung disemprot desinfektan dan dibiarkan dulu beberapa saat. Setelah itu, langsung mencuci tangan dengan sabun yang telah disiapkan di halaman depan.

Baca Juga: Belanja kebutuhan masak secara online, bila harus ke pasar, pakai masker & jaga jarak

"Setiap ada kiriman belanja online, selalu memastikan pengantar pesanan memasang masker. 3M tetap didisiplinkan," kata Ira.

Dia menekankan, menjaga diri dan keluarga tetap menjadi prioritas. Sebab hal itu pada gilirannya akan ikut menjaga orang-orang di sekitar.

Oleh sebab itu, disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi suatu keniscayaan, hingga sudah ada vaksinisasi dan pandemi benar-benar bisa diatasi.

"Masih harus tetap disiplin protokol kesehatan. Jadi jaga diri dan keluarga, juga orang-orang yang kita temui," tegas Ira.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×