kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan Keliru, 5 Kesalahan Saat Membersihkan Wajah di Malam Hari


Jumat, 22 April 2022 / 11:55 WIB
Jangan Keliru, 5 Kesalahan Saat Membersihkan Wajah di Malam Hari
ILUSTRASI. Jangan Keliru, 5 Kesalahan Saat Membersihkan Wajah di Malam Hari


Sumber: Garnier | Editor: Rizka Noveliana

KONTAN.CO.ID - Membersihkan wajah adalah kebiasaan dasar dalam merawat kulit wajah. Jika membersihkan wajah masih asal-asalan, maka bisa berpengaruh ke kesehatan kulit Anda. Selain itu, membersihkan wajah sangat dianjurkan pada malam hari sebelum Anda berisitrahat. 

Oleh karena itu, pahami betul cara membersihkan wajah dengan tepat. Ada beberapa kesalahan saat membersihkan wajah yang umumnya sering dilakukan oleh banyak orang. Ada apa saja? Mari simak penjelasan tentang kesalahan saat membersihkan wajah di malam hari dilansir dari garnier.co.id, yaitu: 

1. Produk Pembersih Wajah Tidak Tepat

Kesalahan pertama saat membersihkan wajah di malam hari yaitu pemilihan produk pembersih wajah tidak tepat. Perlunya memahami jenis kulit wajah yang dimiliki sehingga Anda bisa memilih kandungan yang tepat pada produk pembersih wajah untuk kulit. Hal ini berguna untuk menghindari berbagai masalah kulit lain dan kulit dapat terawat dengan baik. 

2. Lupa Membersihkan Makeup Lebih Dulu

Kesalahan saat membersihkan wajah di malam hari selanjutnya adalah lupa membersihkan makeup lebih dulu. Langsung membersihkan wajah tanpa menghilangkan makeup lebih dulu menjadi tindakan yang kurang benar. Anda perlu membersihkan makeup dulu dengan makeup remover sebelum membersihkan wajah dengan facial foam agar proses pembersihan benar-benar sempurna. 

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Kulit Awet Muda pada Kulit Berminyak

3. Membersihkan Wajah dengan Air Panas

Membersihkan wajah dengan air panas juga termasuk kesalahan saat mencuci wajah. Hal ini disebabkan air panas akan membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Air hangat dianggap sebagai air yang cocok digunakan untuk membersihkan wajah sehari-hari karena dianggap bisa melembapkan kulit.

4. Membilas dan Menggosok Wajah dengan Kasar

Kesalahan saat membersihkan wajah di malam hari berikutnya yaitu membilas dan menggosok wajah dengan kasar. Kulit wajah cukup sensitif dan lembut berbeda dengan kulit badan, sehingga perlu berhati-hati saat membersihkan wajah Anda.

Setidaknya luangkan waktu minimal 2 menit untuk membersihkan wajah dan berikan pijatan pada bagian T-zone yakni dahi, hidung, dan dagu yang biasanya lebih banyak menghasilkan minyak.

Mungkin Anda memiliki kebiasaan mengeringkan wajah menggunakan handuk dengan menggosoknya langsung ke permukaan wajah. Sebenarnya cara ini kurang tepat. Untuk mengeringkan wajah, ditepuk-tepukan saja handuk yang berbahan lembut pada kulit wajah. 

5. Melakukan Eksfoliasi Terlalu Sering

Terakhir, kesalahan saat membersihkan wajah di malam hari yaitu melakukan eksfoliasi terlalu sering. Eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati memang diperlukan untuk membersihkan dan mencerahkan  wajah.

Sebaiknya dilakukan satu hingga tiga kali seminggu menggunakan scrub. Ingat, bila dilakukan secara berlebihan dan sembarangan bisa membuat kulit mengalami kering, iritasi, dan radang, yang berisiko menyebabkan jerawat.

Lakukanlah eksfoliasi dengan jari tangan yang sudah bersih dan berikan pijatan secara melingkar ke seluruh wajah. Kemudian keringkan dengan handuk lembut yang lembap untuk meminimalisir tergores atau tertariknya kulit wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×