kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan disepelekan, ini 5 manfaat vitamin D untuk kesehatan


Kamis, 11 Februari 2021 / 08:04 WIB
Jangan disepelekan, ini 5 manfaat vitamin D untuk kesehatan
ILUSTRASI. Salah satu manfaat vitamin D adalah memperkuat tulang dan otot tubuh. REUTERS/Paul Childs


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang mengathui bahwa vitamin D berguna untuk kesehatan tulang. Namun, manfaat vitamin D tidak berhenti sampai di situ. Jenis vitamin itu memberikan manfaat yang berguna untuk kesehatan bagian tubuh yang lain.

Maka dari itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D setiap hari, salah satunya dari sinar matahari. Vitamin D dapat meningkatkan penyerapan kalsium sehingga pertumbuhan dan perkembangan tulang dapat maksimal.

Mendapat asupan vitamin D yang cukup juga dapat mencegah osteoporosis dan masalah tulang lainnya saat menginjak usia tua. Selain itu, masih banyak fungsi vitamin D lainnya yang dimanfaatkan tubuh agar bisa tetap berfungsi secara optimal.

Menguatkan Otot

Selain menguatkan tulang, vitamin D pun berpengaruh pada kekuatan otot. Tubuh yang kekurangan vitamin D memiliki otot yang lebih lemah. Akibatnya, tubuh Anda menjadi lebih mudah jatuh, apalagi saat usia sudah semakin bertambah tua.

Baca Juga: 4 Fungsi vitamin E, bisa kuatkan sistem imun tubuh

Menjaga Sistem Imun Tubuh

Mengutip dari Health (health.com), vitamin D berguna untuk menjaga sistem imun tubuh sehingga infeksi virus dan bakteri bisa dicegah. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi suplemen vitamin D secara rutin dapat menurunkan risiko infeksi pernapasan akut.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Seperti yang telah dikatakan, vitamin D berguna untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Hal itu menunjukkan bahwa vitamin D bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D, Anda akan terhindar dari gigi berlubang dan penyakit gusi.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat vitamin D adalah menurunkan berat badan.

Manfaat vitamin D selanjutnya berguna untuk menurunkan berat badan Anda sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita obesitas. Melansir Health, penderita obesitas yang mengonsumsi suplemen vitamin D dibarengi dengan suplemen kalsium mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak.

Baca Juga: 6 Makanan yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Apakah Anda memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi? Jika iya, cobalah untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harian Anda. Menurut sebuah penelitian, vitamin D berpengaruh pada pengobatan yang dijalani penderita tekanan darah tinggi.

Tubuh yang kekurangan vitamin D, meski dalam jangka waktu singkat, berisiko mengalami lonjakan tekanan darah. Hal itu dapat merusak organ-organ dalam tubuh Anda. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin D untuk mengatasi hipertensi.

Selanjutnya: Jus buah dan sayur yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, bahannya mudah didapat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×