Jangan disepelekan, ini 5 manfaat vitamin D untuk kesehatan

Kamis, 11 Februari 2021 | 08:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jangan disepelekan, ini 5 manfaat vitamin D untuk kesehatan

ILUSTRASI. Salah satu manfaat vitamin D adalah memperkuat tulang dan otot tubuh. REUTERS/Paul Childs 

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang mengathui bahwa vitamin D berguna untuk kesehatan tulang. Namun, manfaat vitamin D tidak berhenti sampai di situ. Jenis vitamin itu memberikan manfaat yang berguna untuk kesehatan bagian tubuh yang lain.

Maka dari itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D setiap hari, salah satunya dari sinar matahari. Vitamin D dapat meningkatkan penyerapan kalsium sehingga pertumbuhan dan perkembangan tulang dapat maksimal.

Mendapat asupan vitamin D yang cukup juga dapat mencegah osteoporosis dan masalah tulang lainnya saat menginjak usia tua. Selain itu, masih banyak fungsi vitamin D lainnya yang dimanfaatkan tubuh agar bisa tetap berfungsi secara optimal.

Menguatkan Otot

Selain menguatkan tulang, vitamin D pun berpengaruh pada kekuatan otot. Tubuh yang kekurangan vitamin D memiliki otot yang lebih lemah. Akibatnya, tubuh Anda menjadi lebih mudah jatuh, apalagi saat usia sudah semakin bertambah tua.

Baca Juga: 4 Fungsi vitamin E, bisa kuatkan sistem imun tubuh

Menjaga Sistem Imun Tubuh

Mengutip dari Health (health.com), vitamin D berguna untuk menjaga sistem imun tubuh sehingga infeksi virus dan bakteri bisa dicegah. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi suplemen vitamin D secara rutin dapat menurunkan risiko infeksi pernapasan akut.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Seperti yang telah dikatakan, vitamin D berguna untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Hal itu menunjukkan bahwa vitamin D bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D, Anda akan terhindar dari gigi berlubang dan penyakit gusi.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat vitamin D adalah menurunkan berat badan.

Manfaat vitamin D selanjutnya berguna untuk menurunkan berat badan Anda sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita obesitas. Melansir Health, penderita obesitas yang mengonsumsi suplemen vitamin D dibarengi dengan suplemen kalsium mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak.

Baca Juga: 6 Makanan yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Apakah Anda memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi? Jika iya, cobalah untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harian Anda. Menurut sebuah penelitian, vitamin D berpengaruh pada pengobatan yang dijalani penderita tekanan darah tinggi.

Tubuh yang kekurangan vitamin D, meski dalam jangka waktu singkat, berisiko mengalami lonjakan tekanan darah. Hal itu dapat merusak organ-organ dalam tubuh Anda. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin D untuk mengatasi hipertensi.

Selanjutnya: Jus buah dan sayur yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, bahannya mudah didapat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru