kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,15   6,55   0.66%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan abaikan 8 tanda Demensia ini


Jumat, 20 Mei 2016 / 15:47 WIB
Jangan abaikan 8 tanda Demensia ini


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Demensia merupakan gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan memori hingga fungsi kognitif. Tidak hanya menjadi pikun, orang dengan demensia lambat laun bisa mengalami kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini tentu akan menurunkan kualitas hidup seseorang.

Demensia umumnya terjadi pada usia lanjut. Namun, banyak orang yang tidak menyadari tanda-tanda terkena demensia. Kebanyakan orang mengira, penurunan kemampuan berpikir, kemampuan mengingat, hingga kognitif merupakan hal yang wajar terjadi saat lanjut usia.

Padahal, demensia bukan proses alami dari penuaan. Demensia pun hingga kini belum bisa disembuhkan. Berikut 8 tanda-tanda demensia seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Hilang ingatan sesaat

Dapat mengingat masa lalu, tetapi tiba-tiba sering lupa dengan apa yang baru saja dilakukan beberapa jam lalu. Hal ini merupakan hilang memori jangka pendek dan bisa jadi pertanda awal risiko demensia.

2. Sulit berkomunikasi

Salah satu tanda demensia adalah tiba-tiba selalu kesulitan dalam merangkai kalimat ketika berbicara. Bisa juga lupa dengan kata-kata yang umum digunakan selama berkomunikasi.

3. Perubahan suasana hati

Meskipun ada banyak penyebab perubahan suasana hati, tetapi jika itu cukup ekstrim sehingga menyebabkan depresif dan perilaku agresif, bisa jadi tanda demensia.

4. Apatis

Terjadi perubahan perilaku, seperti menjadi tidak peduli atau apatis dan kehilangan minat pada sebagian besar kegiatan sehari-hari. Perlu ditelusuri lebih lanjut apakah mengalami demensia

5. Sulit melakukan tugas sehari-hari

Tanda demensia lainnya, yaitu tiba-tiba merasa sulit melakukan kegiatan sehari-hari dan tugas-tugas pekerjaan yang sebelumnya selalu mudah dilakukan.

6. Kebingungan

Kebingungan bisa jadi tanda awal demensia. Misalnya, bingung mengerjakan pekerjaan yang sebelumnya mudah dilakukan, tidak mengerti alur cerita yang sederhana, dan bingung menangkap pesan yang disampaikan oleh lawan biacra.

7. Melakukan aktivitas berulang

Sering melakukan aktivitas berulang, padahal baru saja melakukannya atau membicarakan hal yang sama berulang kali tanpa sadar melakukannya, bisa jadi tanda demensia. Jangan abaikan tanda ini.

8. Lupa jalan pulang

Dalam kasus demensia yang sudah cukup parah, seperti alzheimer, bisa secara tiba-tiba lupa arah jalan untuk pulang ke rumah maupun tempat kerja. Jangan berpikir Anda hanya sedang kelelahan saat itu, segera periksa ke dokter. (Dian Maharani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×