Jangan abaikan! 6 gejala penyakit jantung ini bisa terjadi

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jangan abaikan! 6 gejala penyakit jantung ini bisa terjadi

ILUSTRASI. Nyeri dada termasuk gejala penyakit jantung yang biasa terjadi. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gejala penyakit jantung perlu selalu Anda waspadai. Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah perawatan seperti apa yang Anda butuhkan. Jika terlambat ditangani, bisa saja Anda mengalami masalah lain yang lebih parah.

Anda harus lebih fokus terhadap kondisi Anda bila memiliki beberapa faktor risiko penyakit jantung. Mulai dari kelebihan berat badan atau obesitas, diabetes, jumlah kolesterol dan tekanan darah tinggi, serta faktor risiko yang lain.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala berikut ini berulang kali, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter, ya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat. Jangan lupa pula untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga, berhenti merokok, dan lain-lain.

Detak Jantung Tak beraturan

Detak jantung tak beraturan memang bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari kurang tidur, terlalu banyak mengonsumsi kopi, atau melakukan aktivitas berat. Namun, Web MD (webmd.com) menyebutkan bahwa hal itu juga bisa terjadi karena penyakit jantung.

Baca Juga: 3 Masalah kesehatan mental yang umum dialami

Produksi Keringat Meningkat

Salah satu gejala penyakit jantung adalah produksi keringat meningkat.

Gejala penyakit jantung berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah produksi keringat meningkat. Segera hubungi tenaga medis apabila Anda mengalami kondisi itu dibarengi dengan ciri-ciri penyakit jantung yang lain.

Nyeri Dada

Nyeri dada adalah tanda penyakit jantung yang paling umum terjadi. Biasanya, nyeri dada karena penyakit jantung berlangsung lebih lama dari nyeri dada karena faktor lain. Bahkan, kondisi itu bisa Anda alami meski Anda tak sedang melakukan kegiatan apa pun.

Sakit di Lengan

Tidak hanya terasa di bagian dada, Web MD menambahkan bahwa rasa sakit akibat penyakit jantung juga bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain, seperti lengan. Artinya, jangan abaikan rasa sakit yang Anda alami di tubuh Anda, ya.

Baca Juga: Paling umum terjadi, ini 3 masalah kesehatan mental

Mudah Lelah

Gejala penyait jantung berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah kondisi tubuh Anda yang mudah lelah. Padahal, kegiatan yang sedang Anda lakukan biasanya tak menimbulkan kelelahan hebat. Apabila Anda mengalami hal tersebut, usahakan untuk mengonsultasikannya ke dokter.

Pusing

Pusing termasuk gejala penyait jantung.

Selanjutnya, pusing juga termasuk dalam daftar ciri-ciri penyakit jantung. Karena kondisi jantung bermasalah, fungsi jantung untuk memompa darah hingga kepala tak berjalan dengan benar. Hal itulah yang membuat Anda merasa pusing. Selain itu, sesak napas juga bisa Anda alami.

Selanjutnya: Kenali 6 penyebab penyakit gagal ginjal yang menyerang kalangan muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru