kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalan kaki di luar rumah dan treadmill, mana lebih bermanfaat?


Minggu, 31 Januari 2021 / 13:32 WIB
Jalan kaki di luar rumah dan treadmill, mana lebih bermanfaat?


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berjalan kaki adalah cara yang paling mudah diakses untuk tetap bugar dan sehat. Selain itu, berjalan kaki mampu membantu proses penurunan berat badan, meningkatkan fleksibilitas tubuh, dan meningkatkan suasana hati.

Sekarang berjalan kaki tak hanya dapat dilakukan di luar, tetapi juga dapat dilakukan di dalam ruangan dengan menggunakan treadmill. Nah, dari kedua cara berjalan kaki tersebut, manakah yang lebih bermanfaat untuk dapat dilakukan?

Treadmill

Ketika orang-orang diminta menahan diri untuk tidak melangkah ke luar selama pandemi Covid-19, banyak yang lebih memilih berolahraga di dalam ruangan. Mereka yang memiliki treadmill mendapat kebaikan berjalan sambil tinggal di dalam.

Treadmill juga memungkinkan kita untuk berolahraga dalam kenyamanan di dalam rumah ketika cuaca di luar terlalu dingin, terlalu panas, atau saat musim hujan.

Baca Juga: Disiplin terapkan protokol kesehatan, bagaimana Doni Monardo bisa Covid-19?

Berjalan kaki di luar

Kita semua tahu, vitamin D memainkan peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat. Vitamin D dapat membantu kita menjaga kesehatan sistem peredaran darah, otot, dan tulang.

Jika kita kekurangan vitamin ini, akibatnya akan muncul berbagai masalah kesehatan dan penyakit. Sinar matahari menjadi sumber vitamin D yang menonjol. Sementara, peningkatan aktivitas dalam ruangan dapat membatasi kita untuk mendapatkan vitamin D yang tepat.

Oleh sebab itu, berjalan di luar terbukti menjadi pilihan yang lebih baik. Berjalan kaki di luar juga menjadi aktivitas yang murah dan memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar.

Baca Juga: ​6 Jenis olahraga yang baik bagi penderita penyakit jantung

Sedangkan, untuk berjalan di treadmill, kita membutuhkan investasi, perbaikan, dan pemeliharaan yang dapat menambah biaya keseluruhan. Kendati demikian, baik treadmill maupun berjalan kaki sebenarnya sama-sama memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Kita juga dapat melakukan keduanya untuk tidak membuat latihan yang monoton. Namun ingatlah, bahwa memiliki diet sehat dan menjaga diri tetap terhidrasi pun sama pentingnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jalan Kaki di Luar Vs Treadmill, Mana Lebih Bermanfaat?
Penulis: Ryan Sara Pratiwi
Editor: Glori K. Wadrianto

Baca Juga: Catat, ini cara cepat untuk menghilangkan nyeri akibat asam urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×