Tips Sehat

Jakarta banjir lagi! Ini tips agar Anda tak sampai jatuh sakit

Selasa, 25 Februari 2020 | 12:55 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Jakarta banjir lagi! Ini tips agar Anda tak sampai jatuh sakit

ILUSTRASI. Sejumlah warga menaiki perahu saat banjir di Pulomas, Jakarta Timur, Minggu (23/2/2020). Curah hujan yang tinggi dan kualitas drainase yang buruk membuat daerah tersebut terendam banjir. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jakarta banjir lagi. Musim penghujan rupanya masih belum usai. Nah, itu sebabnya Anda harus menjaga kesehatan agar tidak sampai jatuh sakit. 

Sejak awal tahun 2020, curah hujan ibu kota cukup tinggi. Alhasil, beberapa area banjir ketika hujan turun dengan derasnya. Salah satu contohnya adalah kawasan Jakarta Pusat yang banjir akibat hujan deras semalam (24/2).

Saat banjir datang, ada beberapa yang harus diwaspadai. Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia menjelaskan, air banjir mengandung banyak kuman dan bakteri yang bisa masuk ke dalam tubuh. 

Efeknya, Anda bisa terkena penyakit kencing tikus, diare, demam, flu, hipotermia dan lainnya. Kendati begitu, bukan berarti Anda harus berdiam diri di rumah saja. 

Anda bisa terhindar dari penyakit tersebut asalkan badan dalam kondisi fit. Ketika badan sehat, sistem kekebalan tubuh bisa melumpuhkan bakteri, kuman, atau virus yang masuk ke badan.   

Bagaimana menjaga badan agar tetap sehat di musim penghujan dan banjir ini? Anda bisa ikuti tips dari dokter Santi berikut ini.   

1. Mandi dan keringkan tubuh

Anda sebaiknya menjaga tubuh tetap dalam keadaan bersih. Bila Anda baru saja masuk ke area banjir atau kehujanan, sebaiknya segera mandi.

Jangan lupa, sabun semua anggota tubuh sampai bersih, termasuk bagian lipatan. Anda sebaiknya juga mencuci rambut dengan shampo. Kemudian, Anda bilas tubuh dengan air bersih.

Setelah itu, Anda keringkan tubuh dan pakailah pakaian yang kering. Untuk menghilangkan rasa dingin tubuh, Anda sebaiknya minum teh hangat atau sejenisnya.    

Bila Anda merasa lapar, sebaiknya makan makanan yang berkuah dan hangat.

2. Pakai sepatu boots ketika banjir

Ketika air sudah masuk ke dalam rumah, Anda sebaiknya menggunakan sepatu boots. "Sepatu tersebut akan melindungi kulit anda dari air banjir  yang kotor," kata dokter Santi.

Selain itu, Anda sebaiknya menggunakan masker dan kacamata ketika hendak masuk ke area banjir. Kedua benda tersebut akan melindungi muka Anda dari cipratan air banjir.

Tidak hanya itu, kedua benda tersebut bisa meminimalisasi masuknya air banjir ke dalam tubuh. Asal tahu saja, air banjir mengandung banyak kuman dan bakteri yang berbahaya untuk tubuh.  

3. Bersihkan luka dengan antiseptik

Bila Anda terluka ketika melewati banjir, sebaiknya segera bersihkan. Caranya, Anda siram luka tersebut dengan air bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel.

Kemudian, Anda usapkan antiseptik ke luka tersebut. Setelah itu, Anda tutup luka tersebut menggunakan perban kedap air.

Bila luka tak kunjung mengering atau membaik, sebaiknya Anda segera hubungi dokter.  

4. Jangan bermain air banjir

Saat rumah dilanda banjir, sebaiknya Anda tidak membiarkan anak-anak masuk ke dalam air banjir. Ingat! Air banjir membawa kuman, bakteri, dan virus.

Selain itu, bermain di dalam air banjir membuat tubuh si anak kedinginan. Hal ini bisa menaikkan risiko anak terkena hipotermia.

5. Konsumsi makanan yang bergizi

Selama musim penghujan, Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dengan begitu tubuh akan lebih sehat dan kebal dengan penyakit.

Anda sebaiknya mengkonsumsi sayuran hijau, telur, daging, dan buah-buahan secara rutin

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru