kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jaga kesehatan pencernaan dengan buah untuk asam lambung ini


Sabtu, 19 Desember 2020 / 14:40 WIB
Jaga kesehatan pencernaan dengan buah untuk asam lambung ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengonsumsi buah untuk asam lambung penting dilakukan supaya kesehatan Anda tetap terjaga. Ada beberapa jenis buah yang bisa Anda makan, seperti pisang, pepaya, semangka, dan apel.

Jika terus dibiarkan, asam lambung bisa menyebabkan GERD atau gastrooesophageal reflux disease. Kondi itu terjadi karena katup bawah kerongkonan tak bisa berfungsi dengan normal. Asam lambung pun bisa kembali ke kerongkongan sehingga Anda mengalami sensai terbakar di bagian dada.

Ada banyak hal yang menyebabkan jumlah asam lambung tinggi. NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa asam lambung bisa naik karena stres, terlalu banyak makan, mengonsumsi makanan asam dan pedas, serta obesitas.

Untuk menghindari asam lambung yang semakin parah, tentu saja Anda perlu menghindari faktor penyebabnya. Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi beberapa pilihan buah untuk asam lambung berikut ini.

Baca Juga: 9 Manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh Anda

Pisang

Pilihan buah pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi asam lambung yang tinggi adalah pisang. Kemampuan itu berasal dari kandungan serat di dalamnya. Selain mengandung serat, pisang juga memiliki vitamin C, potasium, dan antioksidan yang berguna untuk pencernaan.

Pepaya

Salah satu buah untuk asam lambung yang bisa Anda konsumsi adalah pepaya.

Selain pisang, asam lambung juga bisa diatasi dengan pepaya. Enzim dalam pepaya yang bernama papain berfungsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi heartburn atau sensasi terbakar akibat banyaknya asam lambung.

Tak hanya itu, pepaya juga kaya dengan vitamin A, beta karoten, vitamin K, dan kalsium. Beberapa masalah kesehatan lain yang bisa diatasi dengan mengonsumsi pepaya secara rutin adalah penyakit jantung, kanker, diabetes, penyakit tulang, dan asma.

Baca Juga: Ini manfaat daun sirsak sebagai obat herbal untuk asam urat sampai diabetes

Semangka

Buah untuk asam lambung selanjutnya yang direkomendasikan NDTV Food adalah semangka. Jenis buah ini mengandung banyak vitamin A, antioksidan, vitamin C, dan asam amino. Kandungan air dalam semangka berguna untuk menghidrasi tubuh dan menetralkan asam lambung.

Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak nutrisi. Mulai dari vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin D, kalsium, dan zat besi. Kandungan-kandungan itu berguna untuk melancarkan buang air besar dan meredakan efek asam lambung yang tinggi.

Selanjutnya: Agar tubuh tetap sehat, hindari 4 penyebab perut kembung ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×