kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jaga kesehatan dengan menghindari 6 pantangan asam urat ini


Sabtu, 02 Oktober 2021 / 12:10 WIB
Jaga kesehatan dengan menghindari 6 pantangan asam urat ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Menghindari pantangan asam urat bisa jadi salah satu cara menjaga kesehatan. Dengan begitu, jumlah asam urat yang menyebabkan peradangan dalam tubuh berkurang.

Sebenarnya, asam urat dikeluarkan dari tubuh bersama urin. Namun, ketika hal itu tak terjadi, asam urat akan terus menumpuk. Biasanya, penumpukan terjadi di bagian sendi sehingga memicu perdangan dan menimbulkan rasa sakit.

Melansir Mayo Clinic, menurunkan berat badan dan membatasi asupan kalor bisa jadi salah satu cara mengobati asam urat. Minum banyak air putih dan mengonsumsi protein juga termasuk cara lain yang dapat Anda lakukan.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda masih harus mengatur makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Biasanya, makanan pantangan asam urat adalah makanan-makanan yang mengandung banyak purin. Misalnya, jeroan, seafood, daging merah.

Baca Juga: Cukup minum air putih, asam urat tinggi rontok

Alkohol

Alkohol termasuk salah satu pantangan asam urat yang perlu Anda waspadai. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mulai mengurangi asupan alkohol per hari.

Jika memang dibutuhkan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter supaya kebiasaan buruk itu bisa berhenti dengan efektif.

Seafood

Seafood termasuk salah satu pantangan asam urat.

Seafood termasuk pantangan makanan asam urat selanjutnya yang sebaiknya Anda perhatikan. Kerang, ikan tuna, dan jenis seafood yang lain umumnya memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

Efeknya pada tubuh akan semakin terasa ketika seafood diolah dengan cara yang kurang sehat.

Jeroan

Beberapa orang memang gemar mengonsumsi jeroan. Namun, Anda perlu berhati-hati karena jenis makanan itu bisa memperparah jumlah asam urat dalam tubuh.

Sama seperti seafood, jeroan mengandung purin tinggi sehingga tak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Makanan manis

Makanan dan minuman manis termasuk pantangan asam urat lainnya yang tak boleh Anda abaikan.

Jika Anda memang ingin mengonsumsi kue kering, permen, atau jenis makanan dan minuman manis yang lain, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tak terlalu banyak, ya.

Baca Juga: Cegah penyakit asam urat muncul, kenali nilai kadar asam urat normal

Daging merah

Daging merah bisa menambah jumlah asam urat dalam tubuh karena memiliki banyak lemak jenuh.

Alih-alih mengonsumsi daging merah, cobalah untuk mencari sumber protein lain. Misalnya, daging ayam, produk olahan susu rendah lemak.

Sayur

Bayam termasuk dalam daftar pantangan asam urat karena mengandung banyak purin.

Meski pada umumnya menyehatkan, ada beberapa jenis sayuran yang termasuk dalam daftar makanan yang harus dihindari penderita asam urat.

Melansir Mayo Clinic, bayam dan asparagus adalah contoh sayur yang buruk untuk kesehatan karena mengandung banyak purin.

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tak Anda konsumsi dalam jumlah berlebih. Dengan begitu, risiko radang sendi akibat asam urat tinggi dapat Anda hindari.

Selanjutnya: Awas! Ini 5 makanan penyebab nyeri sendi kumat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×