Penyakit Menular

Jaga kebersihan masker biar terhindar dari virus corona

Kamis, 28 Januari 2021 | 12:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jaga kebersihan masker biar terhindar dari virus corona

ILUSTRASI. Kebersihan masker kain perlu selalu dijaga agar Anda terhindar dari virus corona.


KONTAN.CO.ID - Memakai masker adalah salah satu protokol kesehatan yang perlu Anda lakukan secara disiplin selama pandemi virus corona. Namun, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan, yaitu seberapa sering masker perlu dicuci.

Mengutip dari The Indian Express, masker kain perlu dicuci setiap kali selesai dipakai. Masker kain biasa bisa dipakai seharian dan perlu dicuci sebelum Anda tidur.

Meski demikian, jika masker yang Anda pakai basah atau kotor, Anda perlu menggantinya dengan masker kain lain yang masih bersih.

Untuk masker bedah, Anda perlu membuangnya setelah dipakai sekali. Karena bisa menyebabkan polusi lingkungan, ada baiknya bagi Anda untuk memakai masker kain saja.

Sedangkan untuk masker N95, bisa kembali digunakan dalam jangka waktu lima hari.

Baca Juga: Kasus corona makin menggila, pengusaha tak ingin ada lockdown

Mencuci masker kain adalah satu hal penting karena masker mudah terkontaminasi dengan virus dan jenis kuman yang lain. Jika tidak dicuci, partikel virus corona yang menempel di masker bisa masuk ke sistem pernapasan sehingga Anda tertular Covid-19.

Cara mencuci masker sama dengan mencuci bahan kain lainnya. Supaya kebersihan lebih terjaga, Anda bisa membersihkan masker dengan sabun cuci dan air panas.

Melansir The Indian Express, masker perlu segera dicuci jika Anda batuk atau bersin. Jangan lupa, untuk cuci tangan juga, ya.

Supaya mendapat perlindungan ekstra dari serangan virus corona, gunakan dua lapis masker. Anda bisa menambahkan tisu di antara dua masker tersebut sehingga proteksi tubuh benar-benar maksimal.

Baca Juga: Waspada, beginilah cara Virus Corona menyerang otak

Dan, biar kebersihan masker tetap terjaga, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Jangan pegang bagian depan masker karena memiliki risiko terkontaminasi virus corona.
  2. Pastikan untuk memegang tali masker saat memakai dan melepas masker.
  3. Jangan memakai masker yang sama secara bergantian dengan orang lain.
  4. Ganti masker kain yang biasa Anda pakai tiap enam hingga 12 bulan sekali. Jika Anda mendapati sinar matahari menembus masker kain Anda, segera ganti dengan masker kain yang lain.

Selain menjaga kebersihan dan memakai masker yang benar, tentu saja ada hal lain yang perlu dilakukan untuk menghindari penularan virus corona. Caranya adalah dengan membatasi kegiatan di luar rumah, jaga jarak dengan orang lain, dan rajin cuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Duh! WHO sebut varian baru Covid-19 sekarang sudah ada di 70 negara

Editor: Belladina Biananda
Terbaru