Jaga daya tahan tubuh dengan rajin minum vitamin selama pandemi Covid-19

Jumat, 09 Juli 2021 | 05:15 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi, Amalia Nur Fitri, Avanty Nurdiana, Dina Mirayanti Hutauruk, Yusuf Imam Santoso
Jaga daya tahan tubuh dengan rajin minum vitamin selama pandemi Covid-19

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran virus Covid-19 semakin meluas. Untuk menjaga daya tahan tubuh, masyarakat diminta untuk selalu menyediakan vitamin di rumah. Bahkan, mereka yang sudah terinfeksi Covid-19 tetap harus mengkonsumsi vitamin. Beberapa vitamin yang wajib ada saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini diantaranya, vitamin C, vitamin D dan lainnya. 

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak Nurfransa Wira Sakti mengatakan, selama pandemi selalu mengonsumsi berbagai multivitamin setiap hari. Salah satunya vitamin C yang dirasakannya penting untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Baca Juga: Ingin menambah berat badan anak secara alami? Konsumsi makanan tinggi nutrisi ini

Frans juga selalu menjaga asupan makanan dengan selalu rajin makan buah dan sayuran. Tak hanya itu, ia juga rajin berolahraga. "Saya olahraga sederhana saja seperti treadmill di rumah atau jogging dari rumah ke kantor, atau bersepeda," kata dia. 

Direktur Utama PT Ladangbaja Murni Tbk (LABA) Mugi Tri Cahyono bercerita, sejak pandemi Covid-19 cukup rajin mengonsumsi aneka obat dan multivitamin. Di pagi hari, konsumsi vitamin D3 dan multivitamin.

Untuk vitamin C, Mugi mengambil dari minuman lemon tea yang dia campur dengan madu. Minuman ini rutin dia konsumsi selama masa pandemi. Di malam hari, Mugi bergantian mengonsumsi air rebusan jahe atau  rebusan bubuk qust al hindi (bubuk kayu India) yang dicampur dengan madu. 

Keluarga Mugi juga menyediakan LianHua untuk berjaga-jaga jikalau terdapat gejala demam ringan atau flu. Mugi mengaku tidak menyisihkan anggaran khusus untuk membeli obat dan multivitamin ini. "Selama pandemi sudah jarang makan di luar, jadi bisa dialihkan untuk pembelian multivitamin," terang dia. 

Mugi juga selalu mengusahakan untuk berjemur  di bawah sinar matahari antara pukul 09.00 sampai 10.00 pagi. Aktivitas berjemur ini bisa dilakukan di rumah atau di kantor. Dia juga  selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan Covid-19. 

Baca Juga: Moms, Cermatilah 3 Ciri-Ciri Kulit yang Sehat

Selain vitamin C, meminum vitamin D dengan kadar tinggi dalam darah penting melawan virus Covid-19. Agar optimal bisa mengkonsumsi suplemen D3 karena sinar matahari ultra violet B maupun makanan tak bisa menghasilkan kadar tinggi. 

Editor: Avanty Nurdiana
Terbaru