kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,43   -7,06   -0.76%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jaga Anak-Anak dari Perundungan, Ini Dampak Negatif Bullying Pada Anak


Selasa, 07 Maret 2023 / 16:04 WIB
Jaga Anak-Anak dari Perundungan, Ini Dampak Negatif Bullying Pada Anak


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Kasus perundungan terhadap anak-anak terutama anak sekolah di Indonesia hingga saat ini masih sering terjadi. 

Baru-baru ini, kabar kabar seorang siswa kelas 4 Sekolah Dasar (SD) tewas karena gantung diri karena dirundung atau dibully. 

Siswa berinisial MR yang masih berusia 11 tahun diketahui dari Banyuwangi Jawa Timur. Diduga MR sengaja mengakhiri hidupnya karena mengalami perundungan oleh teman-temannya karena disebut tak memiliki ayah (yatim).

Dosen Keperawatan Jiwa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Uswatun Hasanah memberikan tanggapan tentang kasus yang memprihatinkan ini.

Baca Juga: Ini 74 Pusat UTBK SNBT 2023 serta Alamat Lengkapnya, Siswa Perlu Catat

Menurutnya bullying merupakan ucapan maupun perilaku agresif yang tidak diinginkan yang dilakukan dengan sengaja dan berulang untuk membuat seseorang merasa terintimidasi, terancam, atau tidak berdaya.

Perilaku perundungan umumnya terjadi antara anak-anak usia sekolah yang melibatkan ketidakseimbangan kekuatan yang nyata atau yang dirasakan

“Perilaku bullying dapat menimbulkan berbagai dampak yang berbahaya terutama bagi korbannya, sehingga perilaku ini perlu dicegah,”ujar Uswatun dikutip dari situs UM Surabaya.

Dampak negatif bullying pada anak

Uswatun menjelaskan bullying sangat berbahaya bagi anak-anak maupun remaja, karena dapat mengganggu perkembangan sosial mereka.

Semua jenis bullying memiliki efek buruk pada kesehatan fisik, mental dan berbagai aspek lainnya.

“Efek paling awal yang dialami korban bullying secara mental adalah kehilangan kepercayaan diri dan merasa tidak berharga sehingga korban pada akhirnya mengalami gangguan konsep diri yang menetap,” tambah Uswatun.

Menurut penjelasannya, siswa yang sering diintimidasi lebih mungkin untuk mengembangkan kecemasan, terus merasa cemas, memiliki masalah depresi yang umumnya ditandai dengan: 

  • Perubahan perilaku
  • Gangguan tidur
  • Perubahan nafsu makan 
  • Gangguan emosional
  • Kehilangan minat 
  • Pikiran untuk bunuh diri

“Selain berdampak terhadap kesehatan mental, aspek akademik siswa juga akan terganggu, seperti prestasi menurun, kehilangan konsentrasi, atau bahkan menolak untuk bersekolah lagi,”katanya.

Baca Juga: Registrasi Akun SNPMB Jalur SNBT 2023 Diperpanjang, Cek Lagi Syarat dan Cara Buatnya

Dampak pada aspek sosial yakni korban perundungan akan merasa malu untuk berbaur maupun berinteraksi dengan orang lain. 

Pada jangka panjang mereka akan mulai menarik diri bahkan mengisolasi diri dari lingkungan teman sebaya bahkan lingkungan sosial secara menyeluruh.

Ia menambahkan, dampak fisik juga akan dialami oleh korban yang mendapatkan bullying disertai kekerasan fisik mulai dari luka ringan, cacat fisik bahkan kematian.

Uswatun mengingatkan bahwa bullying tidak hanya berdampak pada korban akan tetapi tetapi juga pelaku. 

Anak atau remaja yang melakukan intimidasi secara berulang memiliki risiko lebih besar untuk melakukan kekerasan fisik, pertengkaran verbal, dan umumnya pelaku menolak bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan.

Penolakan ini dapat terjadi salah satunya karena perilaku perundungan dianggap sebagai sesuatu yang lumrah dan biasa dilakukan oleh anak-anak maupun remaja seusianya. 

Sehingga secara tidak langsung pelaku bullying beranggapan mereka mendapatkan legalitas dari orang dewasa atas tindakan kekerasan yang mereka lakukan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menggertak orang lain berisiko mengembangkan perilaku antisosial, agresif dan memiliki masalah akademis.

“Begitu banyak dampak bullying baik bagi korban maupun pelaku, maka lingkungan sekitar seperti orang tua, teman sebaya, lingkungan sekolah, masyarakat bahkan pemerintah perlu ambil andil dalam melakukan pengawasan dan penyusunan kebijakan sehingga fenomena dan peningkatan angka kasus bullying dapat dicegah secara tepat,” jelas Uswatun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×