Covid-19

Jadi salah satu gejala Covid-19, berikut cara menyembuhkan batuk tanpa obat

Kamis, 22 Juli 2021 | 14:30 WIB Sumber: Kompas.com
Jadi salah satu gejala Covid-19, berikut cara menyembuhkan batuk tanpa obat

ILUSTRASI. Jadi salah satu gejala Covid-19, berikut cara menyembuhkan batuk tanpa obat

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali cara menyembuhkan batuk kering gejala Covid-19 tanpa menggunakan obat-obatan dari apotek atau dokter. Cara menyembuhkan batuk kering gejala Covid-19 ini cukup menggunakan bahan-bahan alami.

Batuk termasuk dalam salah satu gejala Covid-19. Kini seseorang yang sedang batuk mungkin akan sangat dihindari dan membuat paranoid. Meski padahal itu bukan batuk karena Covid-19.

Batuk sendiri sebetulnya adalah sakit yang umum dan kerap terjadi pada setiap orang. Namun, di masa pandemi ini kita harus lebih waspada ketika sedang batuk.

Nah, untuk menyembuhkan batuk, tak perlu terburu untuk minum obat kimia. Kita bisa menyembuhkan batuk dengan obat batuk alami atau pengobatan alami. Sejakn dulu, orang menggunakan berbagai pengobatan alami untuk menyembuhkan batuk terus-menerus.

Mengutip MedicalNewsToday, berikut adalah beberapa obat batuk alami yang bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan batuk gejala Covid-19:

Baca juga: Terjangkit virus corona meski sudah divaksin, kenali gejalanya

Berkumur air asin

Cara pertama menyembuhkan batuk gejala Covid-19 adalah berkumur air asin. Obat sederhana ini adalah salah satu yang paling efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk basah atau batuk berdahak. Air garam mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan yang dapat mengurangi kebutuhan untuk batuk.

Cara menyembuhkan batuk gejala Covid-19 dengan air asin adalah:

  • Aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat sampai larut.
  • Biarkan larutan agak dingin sebelum digunakan untuk berkumur.
  • Biarkan campuran itu sampai di belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum dimuntahkan.
  • Berkumurlah dengan air garam beberapa kali setiap hari sampai batuk membaik.
  • Hindari memberikan air garam kepada anak kecil karena mereka mungkin tidak dapat berkumur dengan benar, dan menelan air garam bisa berbahaya.

Teh madu

Cara kedua menyembuhkan batuk gejala Covid-19 adalah minum teh madu. Menurut beberapa penelitian, madu dapat meredakan batuk. Sebuah study pada pengobatan untuk batuk malam hari pada anak-anak dibandingkan madu hitam dengan dekstrometorfan obat penekan batuk dan tanpa pengobatan.

Para peneliti melaporkan bahwa madu memberikan bantuan paling signifikan dari batuk, diikuti oleh dekstrometorfan. Meskipun manfaat madu dibandingkan dekstrometorfan kecil, orang tua menilai madu paling baik dari ketiga intervensi.

Cara menyembuhkan batuk gejala Covid-19 dengan teh madu adalah:

  • Campurkan 2 sendok teh dengan air hangat atau teh herbal.
  • Minum ramuan ini sekali atau dua kali sehari.
  • Jangan berikan madu kepada anak-anak di bawah umur 1 tahun.

Simak cara menyembuhkan batuk gejala Covid-19 di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru