Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.578
  • SUN95,67 0,00%
  • EMAS656.000 -0,46%

Istirahat cukup, rahasia sukses ala Jeff Bezos

Selasa, 04 Desember 2018 / 14:35 WIB

Istirahat cukup, rahasia sukses ala Jeff Bezos
ILUSTRASI. Orang Terkaya di Dunia - Jeff Bezos

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, mengungkapkan rutinitas pagi yang menjadi rahasia sukses dalam hidupnya. Pria 54 tahun itu merupakan CEO Amazon, produsen pesawat terbang dan pemilik salah satu media ternama di Amerika. Jadi, wajar jika ia memiliki kesibukan yang tinggi.

Lantas, bagaimana cara Jeff Bezos melakukan rutinitas sehari-harinya? Dalam sebuah pertemuan Economic Club of Washington, ia mengaku tidur lebih awal dan bangun lebih pagi.


Ia juga suka melakukan rutinitas yang membuatnya tak perlu berpikir. "Saya suka membaca koran, saya suka minum kopi, saya suka sarapan dengan anak-anak saya sebelum mereka pergi ke sekolah," jelas Bezos.

Baginya, rutinitas tersebut sangat penting. Pria asal Amerika itu terkadang memasak sendiri menu sarapan paginya dan seringkali mencuci sendiri piring yang digunakannya. Riset dari University of California membuktikan, meluangkan waktu untuk melakukan tugas-tugas tanpa berpikir seperti mencuci piring dapat membantu mengembangkan kreativitas.

Mengerjakan sesuatu tanpa berpikir memungkinkan pikiran mengembara dan menjadi lebih kreatif. Ia mulai melakukan rutinitas kerja, terutama sebagai CEO Amazon, pada pukul 10 pagi.

"Saya suka melakukan pertemuan kerja sebelum makan siang, seperti apa pun yang akan benar-benar menantang secara mental, itu adalah pertemuan jam 10 pagi," katanya. Riset oleh ahli biologi Christoph Randler, membuktikan orang-orang yang kinerja puncaknya di pagi hari lebih baik diposisikan untuk kesuksesan karir.

Ini dilakukan karena mereka lebih proaktif daripada orang-orang yang terbiasa melakukan pekerjaan terbaik di malam hari. Saat jam menunjukkan pukul 5 sore, ia mulai membuat keputusan yang sangat besar dan membuat resolusi untuk hari berikutnya. "Pada jam 5 sore, saya seperti tak lagi memikirkan hari ini, mari coba lagi besok jam 10 pagi," kata Bezos.

Saat Ini ayah empat anak ini juga selalu berusaha untuk mendapatkan pola tidur yang cukup. "Saya tidur selama delapan jam, kecuali saya bepergian di zona waktu yang berbeda," ungkapnya.

Terkadang, ia merasa sangat sulit untuk tidur dengan cukup. Tapi, ia mengaku berusaha fokus untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Baginya, tidur delapan jam setiap hari sangat penting.

Dengan tidur yang cukup, ia merasa lebih baik, memiliki banyak energi dan suasana hati saya lebih baik. "Pikirkan tentang hal itu, sebagai eksekutif senior, sebenarnya kita dibayar untuk melakukan apa?" ungkap Bezos.

Menurut dia, seorang eksekutif senior dibayar untuk membuat sejumlah kecil keputusan berkualitas tinggi. Dengan kata lain, tugas seorang eksekutif senior bukan membuat banyak keputusan setiap hari.

"Merawat diri sendiri sangat penting untuk dapat memikirkan keputusan yang perlu dibuat," papar Bezos. Ia juga mengatakan rasa lelah bisa menghalangi kita untuk membuat keputusan yang berkualitas. (Ariska Puspita Anggraini)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Istirahat Cukup, Rahasia Sukses ala Jeff Bezos.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0007 || diagnostic_api_kanan = 0.0822 || diagnostic_web = 3.8100

Close [X]
×