kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Intp 7 Cara Mengatasi Kesulitan Bersin dengan Tisu hingga Makan Cokelat


Senin, 03 April 2023 / 09:27 WIB
Intp 7 Cara Mengatasi Kesulitan Bersin dengan Tisu hingga Makan Cokelat
ILUSTRASI. Intp 7 Cara Mengatasi Kesulitan Bersin dengan Tisu hingga Makan Cokelat


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengatasi tidak bisa bersin dengan lancar. Anda bisa saja menemui kejadian seperti kesulitan bersin yang memiliki efek kurang nyaman.

Bersin adalah refleks tubuh yang terjadi ketika iritasi terjadi pada membran lendir hidung. Iritasi dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti serbuk sari, debu, bahan kimia, atau infeksi virus.

Ketika partikel asing masuk ke dalam hidung atau tenggorokan, sistem saraf tubuh memicu respons yang disebut refleks bersin. Refleks ini melibatkan beberapa bagian tubuh, termasuk hidung, tenggorokan, dan otot-otot pernapasan.

Proses bersin dimulai dengan suatu sensasi yang tidak nyaman di dalam hidung atau tenggorokan. Ini kemudian memicu sistem saraf untuk mengirimkan sinyal ke otak yang mengaktifkan refleks bersin.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi saat Puasa, Mulai dari Sikat Gigi Rutin

Cara mengatasi kesulitan bersin

Ketika refleks bersin terpicu, otot-otot pernapasan di dada dan perut berkontraksi, menyebabkan udara dan partikel keluar dari hidung dengan kecepatan tinggi. Ini juga bisa disertai dengan mengeluarkan air mata dan lendir dari mata dan hidung.

Bersin dapat menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, seperti alergi, flu, sinusitis, atau pilek. Namun, dalam banyak kasus, bersin adalah reaksi normal terhadap iritasi lingkungan yang ringan dan tidak memerlukan perawatan medis.

Kesulitan bersin tentu juga dapat terjadi karena beberapa faktor berikut ini:

  • Hidung tersumbat: Jika hidung tersumbat atau terblokir, udara tidak dapat mengalir dengan bebas melalui hidung, sehingga bersin tidak terjadi dengan lancar.
  • Penuaan: Pada usia lanjut, fungsi sistem saraf dapat menurun sehingga refleks bersin menjadi kurang efektif.
  • Cedera pada hidung atau wajah: Cedera pada hidung atau wajah dapat menyebabkan kerusakan pada saraf yang terlibat dalam refleks bersin, sehingga proses bersin menjadi terganggu.
  • Konsumsi obat-obatan: Beberapa obat, seperti obat penghilang rasa sakit opioid, dapat menekan sistem saraf dan mengganggu refleks bersin.

Baca Juga: Bisa Mengelola Tekanan Darah Tinggi, Ini Ragam Manfaat Vitamin C

Untuk mengatasi susah bersin, berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba.

Simak beberapa cara mengatasi kesulitan bersin dengan metode sederhana dilansir dari Health Line.

Cara mengatasi kesulitan bersin

1. Letakkan tisu di hidung

cara mengatasi kesulitan bersin

Pertama, Anda dapat dengan lembut menggoyangkan tisu di belakang hidung untuk bersin. Untuk melakukan ini, gulung satu sisi tisu menjadi satu titik.

Dengan hati-hati letakkan ujung runcing ke belakang salah satu lubang hidung dan goyangkan sedikit.

Tentu, Anda mungkin merasakan sensasi menggelitik. Ini merangsang saraf trigeminal, yang mengirimkan pesan ke otak Anda yang memicu bersin.

Berhati-hatilah dengan teknik ini dan pastikan Anda tidak memasukkan tisu terlalu jauh ke dalam lubang hidung.

2. Bersihkan hidung dengan air garam

Kemudian, untuk mengatasi tidak bisa bersin bisa menggunakan air garam. Anda dapat mencampurkan air hangat dengan garam dan semprotkan ke dalam hidung dengan menggunakan semprotan nasal.

Hal ini dapat membantu membersihkan lendir dan membantu Anda untuk bersin.

3. Gosok batang hidung

Berikutnya, Anda bisa mengatasi kesulitan bersin dengan memijat pangkal hidung. Tindak ini diklaim dapat membantu merangsang saraf trigeminal.

Gunakan jari Anda untuk memijat pangkal hidung dengan gerakan ke bawah hingga Anda merasakan sensasi menggelitik di bagian belakang hidung.

Memijat hidung juga dapat membantu mendorong drainase cairan apa pun. Gunakan tekanan yang kuat, tetapi pastikan untuk tidak menekan terlalu keras.

4. Gunakan pelembap udara

Udara kering dapat menyebabkan iritasi pada hidung dan tenggorokan, sehingga mengakibatkan kesulitan bersin. Gunakan pelembap udara di rumah untuk membantu menjaga kelembaban udara.

Selanjutnya, Anda bisa mengatasi kesulitan bersin dengan memerlukan waktu karena tubuh akan menyesuaikan dengan suhu.

5. Konsumsi makanan yang mengandung capsaicin

cara mengatasi kesulitan bersin

Capsaicin adalah senyawa kimia yang terdapat pada cabai. Senyawa ini dapat membantu membuka saluran hidung dan membantu Anda untuk bersin.

Selain itu, Anda bisa mengendus atau mencium bubuk cabe secara perlahan untuk memicu adanya bersin.

6. Pijat langit-langit mulut dengan lidah

Anda juga bisa menggunakan lidah untuk memijat langit-langit mulut agar bersin. Ini memicu saraf trigeminal yang membentang di sepanjang bagian atas mulut Anda.

Untuk melakukan ini, tekan ujung lidah ke bagian atas mulut dan tarik sejauh mungkin. Anda mungkin harus sedikit bereksperimen untuk menemukan tempat yang tepat yang cocok untuk Anda.

7. Makan sepotong cokelat

Cara mengatasi kesulitan bersin

Makan cokelat hitam dengan persentase kakao yang tinggi dapat membantu menyebabkan bersin. Ini biasanya berhasil untuk bersin yang tidak disebabkan oleh alergi. Orang yang tidak rutin makan cokelat mungkin lebih sukses.

Ini secara teknis dikategorikan sebagai refleks bersin fotik, karena menyebabkan bersin oleh pemicu yang tidak diketahui. Tidak diketahui secara pasti mengapa ini berhasil, tetapi bisa jadi sebagian partikel kakao masuk ke dalam hidung.

Namun, jika Anda mengalami kesulitan bersin yang terus-menerus atau disertai gejala lain, seperti hidung tersumbat atau sakit kepala, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Demikian beberapa langkah cara mengatasi kesulitan bersin dengan tindakan sederhana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×