kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip kiat puasa sehat berikut untuk menghindari lemas


Senin, 27 April 2020 / 13:21 WIB
Intip kiat puasa sehat berikut untuk menghindari lemas
ILUSTRASI. Penjualan buah-buahan segar di Pasar Grogol, Jakarta, Minggu (4/6). Pada?bulan Ramadan, buah segar laris dibeli?di pasar-pasar tradisional karena banyak diminati untuk menu berbuka puasa.


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat berpuasa, terjadinya perubahan pola makan serta berkurangnya aktivitas fisik merupakan hal yang wajar terjadi. Karena itu, kita perlu melakukan beberapa penyesuaian, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama bulan Ramadan.

Meski puasa identik dengan rasa lemas dan kantuk, bukan berarti kita harus merasakan hal yang sama. Ada beberapa tips puasa sehat yang dapat dicoba agar tubuh senantiasa bugar. Berikut ini tipsnya, mulai dari saat sahur hingga berbuka.

Baca Juga: Puasa bisa mengaktifkan autophagy, ini manfaatnya bagi kesehatan tubuh

1. Jangan lewatkan sahur

Sama seperti halnya sarapan, sahur juga sangat penting untuk dilakukan. Saat berpuasa, sahur akan membantu kadar cairan tubuh tetap terjaga, serta memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas, hingga waktunya berbuka. Makan sahur juga dapat mencegah kita makan berlebihan saat buka puasa akibat terlalu lapar.

Sahur yang sehat harus memperhatikan asupan yang bergizi seimbang, dan mengandung karbohidrat kompleks, makanan tinggi serat, serta makanan tinggi protein. Karbohidrat kompleks bisa kita dapatkan dari oats, kacang-kacangan, dan gandum. Karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga Anda bisa kenyang lebih lama.

Makanan tinggi serat juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Anda dapat mengonsumsi kurma, sayur dan buah, gandum utuh, kentang, hingga biji-bijian.

Makanan tinggi protein seperti telur, keju, yogurt, atau daging, juga dipercaya dapat membantu menyediakan tenaga bagi tubuh untuk beraktivitas seharian, meski sedang berpuasa.

Baca Juga: Saran WHO di bulan Ramadan: Jangan menggelar ibadah dan pertemuan massal

2. Minum cukup air

Kita dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air serta mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sup, buah, dan sayuran. Kebutuhan cairan tubuh dapat dipenuhi saat sahur maupun berbuka, untuk mengganti cairan yang hilang saat berpuasa.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×