Inilah sejumlah manfaat minyak EVOO untuk bayi yang perlu diketahui

Rabu, 24 November 2021 | 11:16 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Inilah sejumlah manfaat minyak EVOO untuk bayi yang perlu diketahui

ILUSTRASI. Ilustrasi Extra Virgin Olive Oil (EVOO).

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat minyak EVOO untuk bayi yang bisa didapatkan dengan cara dicampur dalam Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau MPASI.

Minyak EVOO atau Extra Virgin Olive Oil (EVOO) adalah minyak zaitun yang dianggap paling sehat karena pengekstraksiannya menggunakan metode alami.

Selain itu, EVOO juga menggunakan standar kemurnian serta kualitas yang sangat terjaga dibandingkan dengan minyak zaitun biasa.

Untuk itu, EVOO biasanya digunakan untuk menu dalam MPASI. Manfaat minyak EVOO untuk MPASI adalah sebagai lemak tambahan untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya dan menunjang tumbuh kembangnya.

Lantas, apa saja manfaat minyak EVOO untuk bayi?

Baca Juga: Kenali Pentingnya Kebutuhan Vitamin D untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat minyak EVOO untuk bayi

Dirangkum dari laman Oliveoil.com, berikut adalah sejumlah manfaat minyak EVOO untuk bayi:

1. Membantu mengurangi peradangan dan sebagai antioksidan

Manfaat minyak EVOO untuk bayi adalah dapat membantu mengurangi peradangan. Minyak zaitun sarat dengan asam lemak tak jenuh tunggal.

Beberapa asam lemak tak jenuh tunggal di antaranya juga ditemukan secara alami dalam ASI, termasuk asam oleat dan asam linoleat.

Sehingga, hal ini membuat anggapan bahwa minyak EVOO aman untuk bayi ketika dicampurkan ke makanan bayi bersamaan dengan daging, ikan, dan telur.

Selain itu, minyak EVOO dikemas dengan senyawa antioksidan polifenol yang dapat mengurangi peradangan, dan memerangi stres oksidatif yang juga dapat dialami oleh anak kecil.

Baca Juga: Baik untuk Tumbuh Kembang Anak, Inilah 5 Manfaat Buah Naga

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru