Inilah Ragam Manfaat Susu untuk Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak

Kamis, 25 Agustus 2022 | 14:21 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Inilah Ragam Manfaat Susu untuk Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak

ILUSTRASI. Inilah Ragam Manfaat Susu untuk Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Susu memiliki segudang nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan dan tumbuh kembang buah hati bahkan orang dewasa. 

Perlu diketahui bahwa pada masa usia emas atau golden age, anak masuk dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. 

Bersumber dari situs PAUDPedia Kemendikbud Ristek, pada saat golden age, perkembangan otak anak bisa mencapai 80 persen serta perkembangan lainnya. 

Memberikan susu bisa menunjang pertumbuhan anak dan memberikan stimulasi tepat untuk perkembangannya. 

Susu memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, hingga beragam mineral yang baik untuk menjaga kesehatan. 

Baca Juga: Terbaru! BUMN Virama Karya Buka Lowongan Kerja 2022 Dibanyak Posisi, Cek Infonya ini

Ragam manfaat susu untuk kesehatan anak

Berikut ini beragam manfaat rutin meminum susu untuk tumbuh kembang buah hati, dirangkum dari situs PAUDPedia Kemendikbud Ristek. 

  • Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Susu merupakan sumber kalsium yang penting untuk pertumbuhan kesehatan tulang dan gigi yang kuat. Jika memberikan susu secara rutin sejak mereka kecil, anak akan terhindar dari osteoporosis saat mereka dewasa nanti. 

Kandungan-kandungan tersebut juga baik untuk kesehatan gigi, karena mampu mencegah terjadinya gigi berlubang.

  • Membantu pembentukan imun tubuh

Di dalam susu terdapat beberapa kandungan penting yang mampu mendukung anakagar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. 

Beberapa di antaranya adalah prebiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan anak. Perlu diketahui bahwa anak yang tumbuh dengan sehat berawal dari organ pencernaan yang sehat.

  • Membantu perkembangan kecerdasan otak

Susu juga mengandung berbagai asam lemak esensial yang baik bagi tubuh, termasuk omega-3 dan omega-6, AA dan DHA, hingga sphingomyelin

Kandungan-kandungan tersebut baik untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak dengan menutrisi otaknya.

  • Salah satu sumber energi

Kandungan susu lainnya adalah sumber karbohidrat dan lemak yang dapat membuat anak merasa kenyang. 

Selain itu, susu mengandung salah sumber energi yang baik bagi anak yang sedang aktif. Jika susu secara rutin diberikan, maka anak dapat melakukan aktivitas fisik dan otak dengan lebih optimal.

  • Menjaga kesehatan kulit

Susu memiliki banyak nutrisi yang dapat membantu kulit selalu dalam kondisi baik. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam laktat yang dapat bertindak sebagai exfoliator dan enzim membuat kulit halus. 

Susu juga mengandung asam amino yang membantu menjaga kelembapan kulit. Karenanya banyak produk kecantikan yang menggunakan susu sebagai bahan bakunya.

Baca Juga: Link Latihan Soal AKM ANBK 2022 Jenjang SD Sederajat dan Contoh Soalnya

  • Menjaga kekuatan otot

Protein yang terkandung dalam susu membantu meregenerasi otot. Setelah berolahraga, mengonsumsi susu akan membantu untuk mengisi cairan yang hilang selama latihan.

Susu juga membantu mengembalikan energi yang sudah terbuang selama melakukan olahraga

  • Memiliki efek menenangkan

Susu mengandung vitamin dan mineral yang bertindak sebagai penghilang stres dan penguat energi.

Minum segelas susu hangat dapat menenangkan otot dan ketegangan saraf. Susu dapat membantu mengembalikan energi tubuh setelah anak beraktivitas seharian.

Jumlah kebutuhan susu anak

Meskipun susu mempunyai banyak manfaat, tapi orangtua juga harus mengatur porsi konsumsi susu pada anak agar tidak berlebihan. Selain dari susu, produk olahan susu juga baik dikonsumsi oleh anak-anak contohnya seperti keju, yogurt, dan lain-lain.

Kebutuhan susu per hari untuk anak usia dini yaitu:

  • Anak usia 1-3 tahun: 360 Miligram kalsium per hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, setidaknya mereka perlu mengonsumsi 100 mililiter susu dan 100-125 gram produk susu seperti susu, yoghurt atau keju. 
  • Anak usia 4-10 tahun: Konsumsi susu 130-150 mililiter ideal untuk memenuhi kebutuhan 450-500 miligram kalsium per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru