Inilah Penyebab dan Ciri-Ciri Orang yang Ingin Bunuh Diri, Jangan Diabaikan!

Rabu, 07 September 2022 | 16:19 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Inilah Penyebab dan Ciri-Ciri Orang yang Ingin Bunuh Diri, Jangan Diabaikan!

ILUSTRASI. Inilah Penyebab dan Ciri-Ciri Orang yang Ingin Bunuh Diri, Jangan Diabaikan!


KONTAN.CO.ID - Simak, berikut ini penyebab dan ciri-ciri orang yang ingin melakukan bunuh diri, jangan diabaikan.

Isu kesehatan mental memang menjadi topik yang cukup hangat dibicarakan masyarakat. Jika tidak ditangani, gangguan kesehatan mental bisa memicu seseorang menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri.

Beberapa hari lalu media sosial dihebohkan dengan aktris Korea Selatan Yoo Ju Eun yang meninggal dunia karena bunuh diri di usia 27 tahun.  

Yoo Ju Eun meninggalkan pesan terakhir untuk keluarganya. Ia bercerita, terpaksa bunuh diri lantaran berjuang untuk karier seperti aktris sangat menyiksa.

Selain Korea, angka kasus bunuh diri di Indonesia juga tidak sedikit. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada 2020, total kasus bunuh diri di Indonesia mencapai 5.787 kasus.

Baca Juga: SBMPTN 2023 Tidak Ada Tes Mata Pelajaran, Ini Materi yang Bakal Diujikan

Dosen Keperawatan Jiwa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Uswatun Hasanah menjelaskan, bunuh diri merupakan tindakan melukai diri sendiri dengan maksud untuk menghilangkan nyawa.

Menurutnya, perilaku bunuh diri merupakan bagian dari masalah kesehatan mental yang perlu mendapatkan perhatian dan harus diatasi.

"Seseorang yang ingin melakukan bunuh diri disebabkan berbagai faktor yang sangat kompleks baik dari aspek biologis, psikologis dan sosial kultural yang terakumulasi dalam bentuk stressor yang tidak mampu ditangani lagis secara adaptif oleh penderita," jelas Uswatun, seperti dikutip dari situs UM Surabaya.

Ciri-ciri orang yang ingin bunuh diri

Uswatun mengungkapkan, seseorang yang ingin bunuh diri jika diamati dengan baik akan menunjukkan tanda-tanda yang menjadi sinyal bahwa dalam waktu dekat ia akan melakukan hal tesebut. 

Secara verbal orang yang akan bunuh diri sering mengeluh lelah dengan keadaan, capek berada di situasi yang sama dalam waktu lama, mengatakan bosan hidup, mempertanyakan untuk apa ia hidup, menitipkan orang atau hal berharga yang dimiliki pada orang lain.

"Secara perilaku seseorang yang ingin bunuh diri akan menunjukkan kebiasaan yang tidak biasa, seperti lebih banyak diam, menyendiri, tidak mau beraktivitas selama beberapa hari, dan menghindari bertemu dengan orang lain," ucapnya

Dia menambahkan, jika seseorang pernah mengungkapkan ide bunuh diri, perlu kita amati apakah ide tersebut berlanjut menjadi upaya bunuh diri. 

Baca Juga: Perubahan Aturan Jalur Mandiri 2023, PTN Wajib Bagikan Info Kuota hingga Biaya UKT

Hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan kondisi fisik seperti bekas sayatan di pergelangan tangan atau luka di bagian tubuh lainnya, atau penggunaan bahan kimia atau berbahaya lainnya.

Orang yang melakukan bunuh diri hakikatnya hanya memiliki satu tujuan utama, bukan karena betul-betul ingin mati, namun mereka hanya ingin pergi dari situasi sulit atau masalah yang dirasa tidak mampu dihadapi.

"Jadi, yang paling dibutuhkan oleh penderita adalah dukungan dari lingkungan sekitar untuk dapat menguatkan kondisi mental emosionalnya, sehingga penderita merasa tidak sendiri," kata Uswatun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru