Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kering yang Perlu Diketahui

Kamis, 10 Maret 2022 | 15:39 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kering yang Perlu Diketahui

ILUSTRASI. Penyebab dan cara mengatasi rambut kering yang perlu diketahui.


KONTAN.CO.ID - Rambut kering umumnya ditandai dengan keluhan berupa rambut terlihat rusak, kusam, tidak berkilau, mudah kusut atau sulit diatur, dan mudah patah. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi rambut kering.

Rambut kering bisa terjadi bila kulit kepala tidak memproduksi cukup minyak untuk melembapkan rambut. Selain itu, penyebab rambut kering bila lapisan pelindung rambut (kutikula) mengalami kerusakan.

Dengan menghindari beragam penyebabnya dan melakukan perawatan rambut yang benar, rambut kering bisa diatasi.

Lantas, apa saja penyebab rambut kering dan cara mengatasinya? 

Baca Juga: Tidak Hanya Baik untuk Rambut, Ini Manfaat Lain dari Lidah Buaya

Penyebab rambut kering

Dirangkum dari laman resmi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering, antara lain:

1. Usia

Walau bisa dialami oleh semua orang dari segala usia, risiko terjadinya rambut kering akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Pasalnya, semakin bertambahnya usia, produksi alami minyak rambut juga akan semakin berkurang, sehingga rambut menjadi kering. Selain itu, pada wanita, perubahan hormon pasca menopause juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering.

Ketika proses penuaan terjadi, rambut tidak hanya akan menjadi lebih kering, tetapi juga mudah patah, rapuh, dan berubah warna menjadi putih atau beruban.

2. Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan juga merupakan salah satu faktor penyebab rambut kering. Seseorang bisa mengalami rambut kering jika sering berada di tempat yang kering dan bersuhu panas.

Selain itu, rambut kering juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan atau terlalu sering, serta kebiasaan berenang di kolam yang mengandung klorin atau di laut.

Baca Juga: 5 Tanda Kucing Peliharaanmu Kekurangan Nutrisi

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru