Inilah Pentingnya Self Care untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya dengan Tepat

Kamis, 18 Agustus 2022 | 11:19 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Inilah Pentingnya Self Care untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya dengan Tepat

ILUSTRASI. Inilah Pentingnya Self Care untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya dengan Tepat.


KONTAN.CO.ID -  Saat ini kebutuhan akan self care atau merawat diri sangat penting, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. 

Menurut Pramesti Pradna Paramita, Dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Airlangga (Unair), definisi self care dapat dilihat dari dua perspektif yaitu kesehatan dan psikologis. 

Dari sudut pandang kesehatan, Lembaga Kesehatan Dunia atau WHO menjelaskan bahwa self-care merupakan kemampuan seseorang, keluarga, atau komunitas untuk menjaga kesehatan, mempromosikan kesehatan, mencegah penyakit, dan menghadapi kondisi sakit atau disabilitas dengan atau tanpa dukungan dari penyedia layanan kesehatan.

Beberapa faktor yang berkaitan dengan merawat diri menurut WHO diantaranya: Kebersihan, nutrisi, gaya hidup, faktor lingkungan, faktor sosial-ekonomi, self-medikasi, serta dua prinsip utama meliputi aspek individual dan komunitas.

Baca Juga: Lowongan Terbaru Agustus 2022 di BUMN NIndya Karya, Cek Posisi yang Ditawarkan

National Institute of Mental Health mengartikan self care, dari sudut padang psikologis, sebagai usaha meluangkan waktu untuk melakukan berbagai hal yang akan membantu seseorang hidup dengan baik atau live well serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Self care juga bisa diartikan sebagai usaha memberikan perhatian yang cukup, bagaimana peduli, merawat, dan menjaga diri sendiri. Tapi, yang perlu diingat bahwa bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga psikologis,” ungkap Pramesti seperti dikutip dari situs Unair.

Pentingnya Self Care

Lebih lanjut, alumnus Monash University itu menekankan bahwa merawat diri memiliki peran penting dalam kehidupan, khususnya hubungan dengan kondisi mental. 

Dia menyampaikan tiga hal penting yang harus digarisbawahi untuk memahami kesehatan mental. Kesehatan mental meliputi kesejahteraan (well-being) emosi, psikologis, dan sosial. 

Ketiga hal tersebut dapat mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasa, bertindak, membuat pilihan atau keputusan, dan berhubungan dengan orang lain.

Kesehatan mental bukan sekadar tidak adanya gangguan mental, tetapi kesehatan mental penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan secara keseluruhan.

Self care memiliki peran penting untuk mempertahankan kesehatan mental dan membantu pemulihan jika seseorang mengalami gangguan mental.

“Selain itu, beberapa hal spesifik kenapa self care penting karena dapat membantu mengelola stres, kita jadi gak gampang sakit, bisa meningkatkan energi, dan mendukung performa kita,” ucapnya.

Baca Juga: Ini Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi Pada Kaki yang Wajib Anda Waspadai Sejak Dini

Cara melakukan self care yang tepat

Pramesti menjelaskan lebih lanjut bahwa self care dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana, seperti istirahat, bernafas, bersyukur, mengonsumsi makanan yang kita sukai, minum air, membaca buku, dan hal-hal sederhana lainnya.

Selain itu, aktivitas self care juga dapat dilakukan bersama orang lain mengingat setiap individu juga bagian dari komunitas. 

Aktivitas yang dapat dilakukan yaitu menelepon teman untuk menanyakan kabar, menolong teman, dan satu hal yang penting yaitu membatasi media sosial. 

Dia memberikan beberapa tips melakukan self care ketika dalam situasi yang penuh tekanan. Hal yang harus dilakukan adalah berhenti dan rehat sejenak dan melakukan aktivitas lain yang dapat menyegarkan pikiran. 

“Kadang-kadang, berhenti itu tindakan paling baik untuk diri kita” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru