Inilah manfaat tidur siang bagi ibu hamil

Jumat, 09 April 2021 | 16:06 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Inilah manfaat tidur siang bagi ibu hamil

ILUSTRASI. Ilustrasi ibu hamil mengandung

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat tidur siang bagi ibu hamil.

Sebab, tidur yang berkualitas sama pentingnya dengan pola makan yang sehat di masa kehamilan. 

Durasi tidur siang bagi ibu hamil tak perlu terlalu lama. Cukup sebentar asalkan kualitasnya tidurnya mencukupi.

Lalu, jam berapa ibu hamil boleh tidur siang? Tidur siang sebaiknya dilakukan mulai di atas jam 11 siang.

Baca Juga: Cara mencegah asam lambung naik ke tenggorokan

Manfaat tidur siang bagi ibu hamil 

Dikutip dari Motherly, menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine, wanita hamil yang tidur siang secara teratur cenderung tidak memiliki bayi dengan berat lahir rendah.

Berat badan lahir rendah dikaitkan dengan komplikasi kesehatan selama masa kanak-kanak dan dewasa, seperti penyakit pernapasan dan hipertensi.

Jadi, tidur siang tidak hanya membantu Anda melewati sore hari, tetapi juga memiliki beberapa manfaat yang berpotensi besar untuk kesehatan jangka panjang bayi Anda.

Dalam laporan tersebut, para peneliti di China menganalisis data dari 10.111 peserta dalam kurun waktu 2012-2014. 

Mereka menemukan bahwa ibu hamil yang secara teratur tidur siang antara 60 dan 90 menit memiliki kemungkinan 29% lebih kecil untuk memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah dibandingkan dengan ibu yang tidak tidur siang.

Baca Juga: Gampang Anda lakukan, Inilah 5 cara menambah berat badan

Mereka juga menemukan bahwa tidur siang lima hingga tujuh hari seminggu mengurangi kemungkinan melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah sebesar 22%.

Pengaruh tidur siang untuk ibu hamil juga bermanfaat pada kebugaran tubuh. Seorang ibu hamil yang tidur siang secara rutin akan merasakan tubuh menjadi lebih nyaman. 

Tidur siang juga membantu menjaga energi selama beraktivitas hingga sisa hari hingga menjelang malam. Ibu hamil sendiri relatif lebih mudah merasa lelah.

Namun yang perlu diperhatikan, tidur siang haruslah berkualitas, meski kurang dari sejam.

Itulah beberapa manfaat tidur siang bagi ibu hamil.

Selanjutnya: Selain vaksin Covid-19, ini cara lansia meningkatkan imunitas untuk mencegah corona

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru