kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah jenis-jenis stroke dan penyebabnya


Senin, 01 November 2021 / 16:03 WIB
Inilah jenis-jenis stroke dan penyebabnya
ILUSTRASI. Ilustrasi stroke.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Stroke adalah suatu keadaan di mana ditemukan tanda-tanda klinis yang berkembang cepat berupa defisit neurologik fokal dan global yang dapat memperberat dan berlangsung lama selama 24 jam atau lebih. 

Stroke juga dapat menyebabkan kematian, tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vascular. Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, stroke terjadi apabila pembuluh darah orak mengalami penyumbatan atau pecah.

Akibatnya sebagian otak tidak mendapatkan pasokan darah yang membawa oksigen yang diperlukan sehingga mengalami kematian sel atau jaringan. 

Penyakit stroke merupakan Non Communicable Disease yang menjadi bagian dari kardiovaskular. Berdasarkan data SRS Indonesia tahun 2014, stroke adalah penyebab kematian utama sekitar 21,1 %

Faktor risiko dari stroke dan menjadi common respector seperti diabetes, hipertensi, pola makan yang buruk, merokok, obesitas, kurang aktivitas fisik, alkohol, dan narkotika. Lantas, apa saja jenis stroke dan penyebanya?

Baca Juga: Ini 6 gejala stroke yang perlu diwaspadai dan periode emas penanganannya

Jenis stroke yang perlu diketahui

Dirangkum dari Kementerian Kesehatan dan RSUD Kabupaten Nunukan, berikut adalah beberapa jenis stroke: 

1. Stroke iskemik atau stroke sumbatan

Stroke iskemik atau stroke sumbatan adalah yang paling sering terjadi. Stroke iskemik atau stroke sumbatan adalah stroke yang diakibatkan karena pembuluh darah arteri pada otak menyempit atau tersumbat (pembekuan darah) sehingga menyebabkan aliran darah sangat berkurang. Penyebab stroke iskemik biasanya adalah: 

  • Stroke emboli : Stroke emboli adalah stroke yang disebabkan bekuan darah atau plak yang terbentuk di dalam jantung atau pembuluh arteri besar yang terangkut menuju otak. 
  • Stroke trombotik: Stroke trombotik adalah bekuan darah atau plak yang terbentuk di dalam pembuluh arteri yang mensuplai darah ke otak. Pembekuan dapat disebabkan oleh endapan lemak (plak) yang terbentuk dalam pembuluh darah arteri dan menyebabkan berkurangnya aliran darah atau masalah arteri lainnya.

Baca Juga: Jangan anggap sepele, ini 4 gejala awal stroke saat muda




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×