Inilah Jenis foundation yang sesuai untuk masing-masing tipe kulit

Jumat, 23 Juli 2021 | 11:00 WIB   Reporter: Ana Risma
Inilah Jenis foundation yang sesuai untuk masing-masing tipe kulit

KONTAN.CO.ID - Foundation menjadi salah satu produk makeup yang sering digunakan selain lipstick dan bedak. Hal itu menjadikan foundation memiliki banyak jenis dan shade.

Mungkin jenis foundation yang familiar di mata sebagian besar orang adalah foundation cair yang dikemas dalam kemasan botol. Nyatanya, jenis foundation tidak sebatas itu.

Berbeda jenis foundation, maka beda pula tekstur, coverage, dan hasil akhirnya. Tak hanya itu, antara satu foundation dengan foundation yang lain pun memiliki kegunaan yang tidak sama.

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

Lalu, apa saja sih jenis foundation yang biasanya beredar di pasaran?

Melansir dari Urban Company, inilah 5 jenis foundation dengan karakteristiknya masing-masing:

Liquid Foundation

Liquid Foundation

Liquid foundation atau biasa disebut juga sebagai foundation cair merupakan foundation yang bisa dengan mudah kita jumpai di mana pun. Jenis foundation ini menjadi foundation yang paling populer di kalangan pecinta makeup.

Liquid foundation biasanya berbahan dasar air atau minyak sehingga cenderung cocok untuk semua jenis kulit. Termasuk mudah diaplikasikan, foundation ini tepat digunakan oleh para pemula yang baru belajar makeup. Liquid foundation dapat diaplikasikan dengan spons dan kuas dengan hasil akhir matte atau dewy.

Memiliki kemampuan coverage meliputi light, medium, hingga full, liquid foundation dapat bertahan selama 3-4 jam penggunaan. Kekurangan dari foundation jenis ini yaitu cenderung menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo. Selain itu, tampilan foundation akan berubah tidak merata jika wajah banyak mengeluarkan keringat atau minyak setelah terlalu lama beraktivitas.

Powder Foundation

Powder Foundation

Pernahkan Moms menjumpai bedak yang dapat menyamarkan bekas jerawat? Bisa jadi bedak yang Moms gunakan adalah powder foundation.

Sangat jauh berbeda dengan jenis sebelumnya, powder foundation memiliki tekstur yang kering sehingga cocok untuk digunakan pada kulit berminyak. Foundation ini memiliki kemampuan untuk menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah. Sebaliknya, powder foundation kurang bagus digunakan pada kulit kering karena sulit menempel sehingga dapat mengelupas.

Powder foundation memiliki finish matte atau luminous dengan coverage light to medium. Dapat diaplikasikan dengan spons atau kuas, foundation ini mampu bertahan selama 2-3 jam pemakaian.

Baca Juga: Fokus garap kelompok konsumen premium, Unilever (UNVR) raup laba Rp 3 triliun

Cream Foundation

Cream Foundation

Selanjutnya ada cream foundation yang sangat cocok digunakan oleh Moms yang memiliki tipe kulit kering. Sesuai namanya, foundation ini memiliki tekstur creamy sehingga jauh lebih kental dibandingkan foundation cair.

Cream foundation memiliki daya tahan yang cukup tinggi yakni mampu bertahan selama 4-5 jam pemakaian. Meskipun demikian, foundation ini memiliki kemungkinan untuk mengalami creasing (kusut) jika kulit dari penggunanya benar-benar kering. Meskipun begitu, hal tersebut dapat dicegah dengan menggunakan primer atau pelembab sebelum cream foundation diaplikasikan.

Cream foundation memiliki coverage medium to full dengan hasil akhir matte.

Serum Foundation

Serum Foundation

Serum foundation menjadi salah satu jenis foundation yang kurang populer di pasaran. Meskipun begitu, foundation ini cocok digunakan oleh semua tipe kulit khususnya kulit yang berminyak.

Kelebihan lain dari serum foundation yaitu kemampuan coverage-nya yang medium to full dan sifatnya yang mampu melembabkan. Berbentuk cair menyerupai serum, foundation ini terasa ringan ketika digunakan di kulit meskipun hasil akhirnya matte.

Memiliki daya tahan selama 2-3 jam pemakaian, serum foundation dapat diaplikasikan dengan flat brush. Karena memiliki formula berbasis silikon yang menjadikannya berair dan tipis, maka pengaplikasian foundation ini harus dilakukan dengan cepat agar foundation tidak bleber ke mana-mana.

Mousse Foundation

Mousse Foundation

Terakhir ada mousse foundation yang terkenal akan sifatnya yang ringan. Disebut juga sebagai whipped foundation, foundation ini memiliki formula yang mengandung micro bubbles yang menjadikannya ringan untuk dipakai.

Selain ringan, mousse foundation juga tidak menyebabkan tampilan yang cakey atau menggumpal di area kerutan seperti smile lines. Meskipun begitu, foundation jenis ini hanya dapat bertahan selama 2-3 jam. Apabila digunakan melebihi 2-3 jam, maka foundation akan mudah luntur.

Oleh sebab itu, mousse foundation lebih cocok digunakan pada acara santai di malam hari.

Cocok untuk semua tipe kulit, foundation ini memiliki kemampuan coverage medium to full dengan hasil akhir matte.

Itulah 5 jenis foundation yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Agar tampilan makeup maksimal, pastikan untuk memilih jenis foundation yang sesuai dengan tipe kulit ya Moms. Selamat berdandan!

Selanjutnya: Cara Menentukan Shade Foundation yang Sesuai untuk Kulit

Editor: Ana Risma
Terbaru