Inilah Gejala Penyakit Hati yang Muncul Lewat Jari Kuku, Kenali sebelum Terlambat

Rabu, 25 Januari 2023 | 04:55 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah Gejala Penyakit Hati yang Muncul Lewat Jari Kuku, Kenali sebelum Terlambat


KONTAN.CO.ID - Kita harus memperhatikan kesehatan semua organ tubuh kita. Tak terkecuali hati atau liver. 

Hati atau liver merupakan organ terbesar dalam tubuh yang berfungsi untuk memproduksi dan melakukan ekskresi empedu, ekskresi bilirubin, kolesterol, dan hormon, juga membantu dalam aktivasi enzim. 

Selain itu hati juga bertugas dalam metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat. Oleh karena itu, penyakit hati dapat menimbulkan banyak komplikasi yang bisa menghambat fungsi-fungsi tersebut. 

Penyakit hati dapat berkembang secara perlahan tanpa menunjukkan gejala yang jelas pada tahap awal. Ketika gejalanya telah berkembang, hal ini mungkin disebabkan oleh jaringan parut pada hati yang mengalami kerusakan.  

Tahapan penyakit hati 

Dilansir dari Times of India, Sabtu (14/1/2023), ada berbagai jenis penyakit hati yang dibagi menjadi empat tahap, antara lain: 

1. Peradangan: 

Selama tahap awal penyakit hati, organ ini akan meradang dan membengkak. Hal ini terjadi karena respons alami tubuh terhadap cedera. Terkadang, kelebihan racun dalam darah juga bisa menyebabkan peradangan hati. 

2. Fibrosis: 

Jika tidak diobati, peradangan hati dapat menyebabkan jaringan parut pada organ, yang disebut fibrosis. 

Baca Juga: Apa Itu Jantung Koroner? Ini Gejala, Faktor Risiko, dan Cara Mencegah Jantung Koroner

3. Sirosis: 

Kondisi ireversibel dimana jaringan parut pada hati terlalu parah. Ini ditandai dengan degenerasi sel, peradangan, dan penebalan jaringan fibrosa. 

4. Gagal hati: 

Tahap akhir atau tahap paling parah dari penyakit hati. Saat itulah hati berhenti berfungsi sama sekali. Pada tahap ini hati tidak dapat sembuh, memperbaiki sendiri atau pun dengan pengobatan. Transplantasi hati menjadi sangat penting. 

Benarkah tanda penyakit hati bisa dilihat dari jari kuku? 

Menurut para ahli, salah satu tanda umum yang lazim di kalangan pasien adalah kelainan pada jari kuku. Penelitian dari Departemen Dermatologi di Universitas Sohag mengklaim bahwa hal itu mungkin disebabkan karena penurunan kekebalan, kekurangan zat besi, anemia atau usia tua. 

Pada kasus ini dokter akan memeriksa kuku dengan hati-hati terkait dengan warna, tekstur, ketebalan dan kelengkungan untuk membuat diagnosis yang cepat dan dini pada pasien dengan penyakit hati. 

Masih dari sumber yang sama, menurut sebuah penelitian Mesir tahun 2010, perubahan kuku dilaporkan terjadi pada sekitar 68 persen pasien dengan penyakit hati. 

Demikian pula, studi pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Evolution of Medical and Dental Sciences mencatat perubahan kuku pada 72 persen sampel pasien penyakit hati. 

Baca Juga: Apa Itu Jantung Koroner? Ini Gejala, Faktor Risiko, dan Cara Mencegah Jantung Koroner

Waspadai clubbing finger 

Masih dilansir dari Times of India, Departemen Dermatologi di Universitas Sohag menyatakan bahwa clubbing finger adalah tanda umum penyakit hati kronis, terutama sirosis bilier primer dan hepatitis aktif kronis. 

Dikenal juga sebagai kuku Terry, badan kesehatan menggambarkannya sebagai sesuatu di mana dua pertiga bagian proksimal lempeng kuku berubah menjadi bubuk putih dengan opasitas ground-glass, yang dapat berkembang pada pasien dengan sirosis lanjut. 

Dalam penampakannya, clubbing finger merupakan pembengkakan pada kuku, sehingga kuku nampak melebar mirip bagian belakang sendok. 

Temuan awal menunjukkan bahwa clubbing finger yang disebabkan oleh sirosis bukanlah akibat dari kelainan tulang tetapi akibat dari peningkatan aliran darah perifer dengan pelebaran pembuluh darah di jari. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru