Inilah Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Minggu, 22 Mei 2022 | 11:00 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Inilah Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai


KONTAN.CO.ID - Kolesterol tinggi merupakan senyawa lemak berlilin yang diperoleh dari organ hati dan makanan hewani. 

Dalam kadar normal, kolesterol sebenarnya diperlukan oleh tubuh dalam memaksimalkan fungsinya, seperti membantu proses metabolisme, dikutip dari Everyday Health.

Pada kebanyakan kasus, kolesterol tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala khusus sampai komplikasi seperti stroke terjadi. 

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai, antara lain: 

1. Tangan atau kaki sering kesemutan

Gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai pertama adalah tangan dan kaki sering kesemutan.

Hal ini disebabkan karena tingginya kadar kolesterol pada tubuh dapat membuat aliran darah menjadi kental dan memengaruhi aliran normal darah pada saraf. 

2. Mudah Lelah

Gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai kedua adalah mudah lelah. Plak di pembuluh darah yang muncul ini mengakibatkan kadar kolesterol dalam darah tinggi. 

Hal inilah yang menjadi alasan pengidap kolesterol tinggi cenderung mudah merasa lelah, inilah gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai. 

3. Rahang mudah sakit

Gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai ketiga adalah rahang mudah sakit. Rasa sakit pada rahang termasuk sebagai gejala serangan jantung yang dipicu oleh kolesterol tinggi. 

Oleh sebab itu, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter jika mengalami rasa sakit pada rahang yang tidak jelas penyebabnya, agar gejala kolesterol tinggi ini bisa segera diobati. 

Baca Juga: 5 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Penyakit Jantung Bengkak

4. Nyeri dada

Gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai keempat adalah nyeri dada. Nyeri dada juga dapat menjadi salah satu tanda atau gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai. 

Akibatnya, endapan atau plak tersebut akan mengurangi aliran darah melalui arteri, sehingga menimbulkan keluhan seperti nyeri dada. 

5. Muncul Xanthoma 

Gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai kelima adalah munculnya xanthoma. Xanthoma adalah suatu kondisi pertumbuhan lemak yang berkembang di bawah kulit.

Tumbuhnya xanthoma merupakan gejala dari gangguan kesehatan tertentu, misalnya penyakit kronis diabetes atau gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai. 

Itulah beberapa gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai. Mulai dari mudah lelah hingga timbulnya xanthoma atau pertumbuhan lemak di bawah permukaan kulit. 

Jika Anda mengalami salah satu atau sejumlah gejala tersebut, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk menghindari komplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru