Kesehatan Umum

Inilah gejala corona yang paling banyak terjadi di Indonesia

Senin, 01 Juni 2020 | 15:57 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah gejala corona yang paling banyak terjadi di Indonesia

ILUSTRASI. Petugas kesehatan beraktivitas di Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang dibangun di Kompleks Gedung Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (28/5/2020). Rumah sakit lapa

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pandemi virus corona (COVID-19) terus menginfeksi seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Jumlah pasien terinfeksi virus corona pun terus bertambah setiap hari.

Satgas penanganan virus corona mengumumkan hingga Minggu (31/5) ada tambahan 700 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia, sehingga total menjadi 26.473 kasus.

Apa saja gejala infeksi virus corona yang dirasakan oleh pasien virus corona di Indonesia? Belum ada data komprehensif soal ini.

Berdasarkan data statistik yang ditampilkan pada laman covid19.go.id, sebagian besar pasien yang positif corona memiliki gejala yang umum seperti sering disampaikan oleh WHO, yaitu batuk, demam, dan sesak napas.

Akan tetapi, data gejala pasien corona yang ditampilkan pada laman Covid-19.go.id Per Senin 1 Juni 2020 pukul 15.30 WIB merupakan data 6% pasien Covid-19 di Indonesia. Sebanyak 94% pasien tidak memiliki data lengkap atau gejala corona tidak tercatat.

Berikut data gejala pasien corona yang dipublikasi di Peta Sebaran Covid-19, dikutip pada Senin 1 Juni 2020:

Data gejala yang dirasakan pasien Covid-19 di Indonesia. Lihat Foto Data gejala yang dirasakan pasien Covid-19 di Indonesia.(covid19.go.id)

Dari data gejala pasien corona di atas, sebanyak 76,7% pasien disebut mengalami batuk.

Pasien positif corona dengan gejala riwayat demam dan demam masing-masing sebanyak 52,8% dan 47%.

Sementara, 42% pasien Covid-19 di Indonesia mengalami gejala sesak napas dan 33,9% pasien memiliki gejala lemas.

Beberapa pasien corona  juga merasakan gejala seperti sakit tenggorokan (32%), pilek (31,1%), dan sakit kepala (23,6%).

Selain itu, ada 19,7% pasien menderita gejala mual, 16,9% mengalami keram otot, 11% pasien memiliki gejala menggigil, 8,5% menderita diare, dan 7,3% pasien bergejala sakit perut.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan Satgas penanganan corona hanya mencatat gejala positif corona dari 6% pasien karena keterbatasan fasilitasn kesehatan. "Fasilitas kesehatan yang merawat pasien belum mengisi data pasien secara lengkap," kata Wiku, Sabtu (30/5). (Ahmad Naufal Dzulfaroh)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gejala Apa yang Paling Sering Dirasakan Pasien Covid-19 di Indonesia?",

Editor: Adi Wikanto
Terbaru