kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah dua efek samping vaksin Covid-19 yang sering terjadi, kenali solusinya


Rabu, 03 Maret 2021 / 16:13 WIB
Inilah dua efek samping vaksin Covid-19 yang sering terjadi, kenali solusinya
ILUSTRASI. Inilah dua efek samping vaksin Covid-19 yang sering terjadi, kenali solusinya (Dokumentasi PP Muhammadiyah)


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Setelah petugas kesehatan, vaksin Covid-19 kini gencar diberikan kepada petugas pelayanan publik dan kelompok lanjut usia (lansia). Seperti vaksin pada umumnya, vaksin Covid-19 juga menimbulkan efek samping. Namun jangan khawatir, ini langkah-langkah yang harus dilakukan jika timbul efek samping pasca suntik vaksin Covid-19.

Efek samping vaksin Covid-19 tersebut merupakan respons tubuh ketika vaksin sedang menjalankan tugasnya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Namun, tak perlu khawatir sebab efek samping vaksin Covid-19 yang muncul pada umumnya hanyalah efek samping ringan, termasuk kelelahan, sakit kepala, hingga demam ringan.

Melansir Today, jika Anda merasakannya efek samping tersebut setelah divaksin Covid-19, tak perlu khawatir. Cobalah melakukan beberapa langkah berikut:

Efek samping vaksin Covid-19 berupa demam

Jika Anda mengalami demam setelah vaksin Covid-19, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan untuk minum banyak air dan berpakaian longgar. Jika kelelahan parah Istirahat dan relaksasi adalah solusi terbaik jika Anda mengalami kelelahan setelah divaksin.

Efek samping berupa demam sering kali terjadi satu hari setelah vaksin Covid-19. Oleh karena itu, banyak dokter merekomendasikan agar orang-orang tidak memilih jadwal vaksin sebelum hari kerja yang sibuk, agar tidak lesu dan kelelahan di keesokan harinya. Atau, Anda juga bisa menghindari jadwal padat sehari setelah divaksin.

Baca juga: Selain isolasi, ini langkah-langkah yang harus dilakukan jika positif corona

Efek samping vaksin Covid-19 berupa sakit kepala

Kepada Today, dokter unit perawatan intensif dan dokter paru-paru, Dr Vin Gupta mengatakan, obat pereda nyeri sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum vaksinasi, namun boleh dikonsumsi setelahnya jika muncul gejala. "Antara Tylenol dan Motrin, saya akan merekomendasikan menggunakan Tylenol," katanya.

"Saya pikir hal itu akan mengurangi gangguan pada respons antibodi, produksi antibodi, setelah sistem kekebalan Anda menerima vaksin tersebut."

Jadi, jika setelah mendapatkan vaksin Anda merasakan sakit kepala hebat, silakan konsumsi pereda nyeri untuk meredakan sakit kepala tersebut.




TERBARU

[X]
×