Produk dan Layanan

Inilah daftar minuman dan makanan penyebab kanker usus, pembunuh Raja Wakanda

Senin, 31 Agustus 2020 | 12:45 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah daftar minuman dan makanan penyebab kanker usus, pembunuh Raja Wakanda

ILUSTRASI. Daging merah termasuk salah satu makanan penyebab kanker usus. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kanker usus menjadi penyebab kematian aktor pemeran Black Panther, Chadwick Boseman. Raja Wakanda itu menderita kanker usus sejak tahun 2016 Minuman dan makanan tertentu berperan dalam meningkatkan risiko seseorang terkena kanker usus besar.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, beberapa jenis minuman dan makanan bisa menyebabkan kanker usus besar karena memicu peradangan di dalam tubuh. Simpulan tersebut diperoleh berdasarakan penelitian yang dipublikasikan di JAMA Oncology (2018). Peneliti mengamati pola makan lebih dari 121.000 orang selama 26 tahun.

Baca juga: Gara-gara sapi, 10 orang tewas di wilayah ini, berikut penjelasannya

Studi menunjukkan, orang yang kerap mengonsumsi makanan pemicu peradangan, risikonya terkena kanker usus besar 44% lebih besar dibandingkan orang yang diet minim peradangan. Lebih lanjut ahli juga membuktikan, risiko terkena kanker usus besar tetap ajek tinggi, meskipun faktor penyebab kanker lain seperti berat badan dan aktif bergerak sudah terkontrol.

Mengingat besarnya peran makanan sebagai penyebab kanker usus besar, ada baiknya Anda menjalankan pola makan sehat dan seimbang. Berikut beberapa jenis makanan penyebab kanker usus besar yang perlu diwaspadai:

1. Daging merah

Konsumsi daging merah termasuk jeroan dari binatang berkaki empat seperti daging sapi, kambing, babi, dll. perlu dibatasi. Melansir On Health, daging merah memang termasuk asupan protein yang diperlukan tubuh.

Namun, konsumsi daging merah berlebihan dapat menyebabkan kanker usus besar. Selain itu, daging merah juga tinggi lemak jenuh tak sehat yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker prostat.

Menurut Canadian Cancer Society, makan daging merah sebaiknya tak lebih dari tiga kali setiap minggu, dengan batasan setiap sajian maksimal 85 gram per porsi. Anda tak perlu khawatir bakal kekurangan protein karena membatasi daging merah.

Demi memenuhi protein yang berfungsi untuk regenerasi sel, menyembuhkan jaringan yang rusak, sampai menjaga daya tahan tubuh, cukupi kebutuhannya dari asupan lain. Beberapa sumber protein selain daging merah di antaranya ikan, makanan laut, ayam, produk susu, sampai telur.

Selanjutnya: Daging olahan termasuk makanan penyebab kanker usus

Editor: Adi Wikanto


Terbaru