kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah cara kerja vaksin virus corona dan keefektifannya melawan varian terbaru


Jumat, 06 Agustus 2021 / 13:42 WIB
Inilah cara kerja vaksin virus corona dan keefektifannya melawan varian terbaru


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Bagaimana cara kerja vaksin menjadi hal yang sering ditanyakan saat pandemi virus corona. Sebab, di masa pandemi Covid-19, vaksin menjadi salah satu cara pencegahan penularan virus corona. 

Pemerintah pun kini terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 untuk sejumlah kalangan masyarakat. Termasuk, kini vaksinasi Covid-19 juga dilakukan terhadap ibu hamil. 

Lantas, bagaimana cara kerja vaksin virus corona? 

Cara kerja vaksin virus corona

Dikutip dari laman resmi UNICEF, cara kerja vaksin adalah dengan cara meniru agen penyakit, baik berupa virus, bakteri, maupun mikroorganisme lain yang bisa menyebabkan penyakit termasuk Covid-19. 

Dengan meniru, vaksin "mengajarkan" sistem kekebalan tubuh kita untuk secara spesifik bereaksi dengan cepat dan efektif melawan agen penyakit.

Biasanya, hal tersebut dapat terjadi karena vaksin membawa agen penyakit yang sudah dilemahkan. Sistem kekebalan tubuh pun belajar mengenali penyakit dengan membangun memori tentang penyakit. 

Dengan begitu, tubuh kita bisa dengan cepat mengenali suatu penyakit dan melawannya sebelum penderita menderita sakit berat. 

Baca Juga: Mengalami KIPI usai disuntik vaksin Covid-19, tetap tenang dan ikuti petunjuk ini

Apakah vaksin Covid-19 juga efektif melawan varian baru virus?

Menurut WHO, vaksin-vaksin yang sejauh ini telah disetujui penggunaannya diharapkan minimal dapat memberikan sebagian perlindungan terhadap varian baru virus.

Para ahli di seluruh dunia terus mempelajari dampak varian baru terhadap perilaku virus, termasuk potensi dampaknya terhadap efektivitas vaksin Covid-19.

Bila vaksin-vaksin yang ada saat ini terbukti tidak terlalu efektif melawan satu atau lebih varian baru, komposisi kandungan vaksin bisa diubah untuk meningkatkan efek perlindungannya.

Pada masa mendatang, mungkin dibutuhkan pengubahan terhadap vaksinasi, seperti pemberian dosis ulangan (booster) ataupun pembaruan lainnya.

Tapi, untuk sementara waktu, yang terpenting adalah masyarakat mendapatkan vaksinasi dan tidak berhenti berupaya mencegah penularan.

Misalnya, tetap menjaga jarak, mengenakan masker, berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, rajin mencuci tangan, dan segera menemui tenaga kesehatan jika mengalami gejala tertular Covid-19. 

Pencegahan penularan bisa membantu menekan peluang virus bermutasi. Nah, itulah cara kerja vaksin corona dan keefektifannya melawan varian terbaru.  

Selanjutnya: Syarat vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan vaksin yang digunakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×