Inilah bahan rumahan untuk obat radang tenggorokan

Kamis, 12 November 2020 | 18:30 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah bahan rumahan untuk obat radang tenggorokan


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Obat sakit radang tenggorokan bisa dibeli di apotik. Namun, kita bisa memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah sebagai obat alami untuk sakit radang tenggorokan.

Sakit radang tenggorokan adalah rasa nyeri, gatal, dan tak nyaman di tenggorokan. Rasa sakit dan tak nyaman pada radang tenggorokan ini kian terasa setelah digunakan untuk menelan dan berbicara.

Penyebab radang tenggorokan umumnya karena infeksi virus seperti flu. Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan infeksi bakteri Streptococcus pyogenes, alergi, udara kering, sampai gangguan lambung.

Melansir Mayo Clinic, gejala radang tenggorokan bisa berbeda-beda, tergantung penyebabnya. Namun, umumnya penderita radang tenggorokan merasakan gejala sebagai berikut:

  • Tenggorokan sakit atau gatal Kelenjar di leher atau rahang bengkak atau sakit
  • Amandel membengkak atau memerah
  • Muncul bercak putih pada amandel
  • Suara jadi serak

Baca juga: Katalog promo KJSM Hari Hari Swalayan 12-15 November, ada gratis 1, diskon 50%

Selain gejala di atas, infeksi biang radang tenggorokan juga bisa menyebabkan demam, batuk, badan pegal, sakit kepala, mual, dan muntah. Kabar baiknya, radang tenggorokan umumnya bukan kondisi kesehatan yang perlu dikhawatirkan.

Radang tenggorokan bisa disembuhkan dengan beberapa bahan alami yang ada di rumah. Melansir Healthline, berikut beberapa obat radang tenggorokan alami:

1. Madu

Madu merupakan salah satu obat radang tenggorokan alami yang sudah digunakan secara turun-temurun. Madu ampuh mengobati radang tenggorokan karena memiliki formula penyembuh luka, sehingga bisa digunakan untuk membantu mengatasi peradangan. Selain radang tenggorokan, madu juga bisa mengatasi batuk, terutama di malam hari.

Simak obat radang tenggorokan lain di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto


Terbaru