kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,09   7,49   0.75%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 8 manfaat buah nanas untuk kesehatan yang jarang diketahui


Sabtu, 08 Mei 2021 / 11:15 WIB
Inilah 8 manfaat buah nanas untuk kesehatan yang jarang diketahui


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID -  Selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, ada banyak sekali manfaat buah nanas. Buah ini juga seringkali dipakai sebagai campuran dalam masakan hingga dijadikan selai.

Nanas merupakan buah tropis yang tidak mengenal musim. Di balik kulitnya yang tajam, nanas memiliki kandungan gizi dan kaya akan vitamin. Lalu, apa manfaat buah nanas?

Dikutip dari Healthline, berikut 8 manfaat buah nanas untuk kesehatan yang sudah dibuktikan:

1. Kaya nutrisi

Nanas adalah buah yang tergolong rendah kalori namun memiliki nutrisi yang berlimpah. Sebagai perbandingan, dalam satu potongan nanas seberat 165 gram mengandung serat 2,3 gram dan lemak 1,7 gram.

Dalam ukuran yang sama, nanas juga memiliki kandungan vitamin C sebesar 131 persen kebutuhan harian tubuh, mangan, tembaga, folat, kalium, magnesium, niasin, zat besi, dan vitamin A.

Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dari makanan. Sementara mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan metabolisme, dan memiliki sifat antioksidan.

Baca Juga: Penderita asam lambung, sebaiknya hindari 6 makanan ini

2. Antioksidan

Nanas tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga mengandung antioksidan yang menyehatkan. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh melawan senyawa oksidatif.

Oksidatif adalah keadaan di mana terdapat terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang lemah, dan banyak penyakit berbahaya.

Manfaat makan buah nanas akan mencukupi asupan flavonoid dan asam fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan. Terlebih lagi, banyak antioksidan dalam nanas yang bersifat terikat. Hal ini memungkinkan antioksidan bertahan lebih lama dalam tubuh.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah nanas untuk kesehatan berikutnya adalah melancarkan sistem pencernaan. Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain.

Enzim ini berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein, seperti menjadi asam amino dan peptida.

Setelah molekul protein dipecah, mereka lebih mudah diserap di usus kecil. Ini dapat sangat membantu bagi orang dengan gangguan pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan.

Misalnya, satu penelitian menunjukkan, peserta dengan gangguan pankreas mengalami pencernaan yang lebih baik setelah mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain, dibanding mengambil suplemen enzim pencernaan yang sama tanpa bromelain.

Bromelain juga banyak digunakan sebagai pelunak daging komersial karena kemampuannya memecah protein daging yang keras. Itu sebabnya, manfaat buah nanas juga seringkali dipakai dalam memasak daging agar lebih lunak.

Baca Juga: Ini 15 makanan yang baik untuk kesehatan usus




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×