Inilah 5 Obat Batuk Alami dan Cara Mengobati Batuk Secara Alami

Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:28 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Inilah 5 Obat Batuk Alami dan Cara Mengobati Batuk Secara Alami

ILUSTRASI. Ilustrasi obat batuk alami.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Batuk, baik batuk kering maupun disertai dengan dahak, sangat mengganggu. Nah, untuk itu Anda perlu mengetahui beberapa bahan yang bisa jadi obat batuk alami dan cara mengobati batuk secara alami. 

Sebab, saat batuk, biasanya masyarakat memilih untuk meminum obat batuk yang tersedia di pasaran. Berbagai merek obat batuk yang bisa diperoleh dengan mudah di apotek.

Lantas, apa saja obat batuk alami dan bagaimana cara mengobati batuk secara alami?

Baca Juga: 4 Teh Herbal Pereda Asam lambung Tinggi yang Mudah Dibuat Sendiri

5 Obat batuk alami dan cara menggunakannya

Nah, berikut ini 5 obat alami yang bisa menyembuhkan batuk seperti dilansir dari Medical News Today:

1. Madu

Menurut beberapa penelitian, madu dapat meredakan batuk sehingga bisa digunakan sebagai obat batuk alami. Sebuah studi tentang pengobatan untuk batuk yang sering terjadi pada malam hari pada anak-anak, membandingkan efektivitas obat batuk dengan madu.

Para peneliti melaporkan bahwa madu memberikan efek meredakan lebih tinggi dibandingkan obat batuk yang mengandung dekstrometorfan.

Cara mengobati batuk secara alami dengan madu yakni, gunakan campuran dua sendok teh madu dengan air hangat atau bisa dicampur dengan teh. 

Minum ramuan ini sekali atau dua kali sehari. Meski madu bisa digunakan sebagai obat batuk alami untuk anak, tapi jangan berikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun.

Baca Juga: Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Jitu untuk Meredakannya

2. Jahe

Jahe dapat meredakan batuk kering dan asma, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Sehingga, jahe bisa digunakan sebagai obat batuk alami. Rempah ini juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran paru, yang dapat mengurangi batuk.

Cara mengobati obat batuk secara alami menggunakan jahe yakni seduh air hangat dengan menambahkan 20–40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. 

Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih meredakan batuk.

Baca Juga: Batuk Tak Kunjung Sembuh? Waspadai 5 Penyakit Ini

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru