kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 5 obat alami cacar air pada anak, bahannya mudah didapatkan


Jumat, 02 Oktober 2020 / 08:41 WIB
Inilah 5 obat alami cacar air pada anak, bahannya mudah didapatkan
ILUSTRASI. ilustrasi. Inilah 5 obat alami cacar air pada anak, bahannya mudah didapatkan. /Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/22/08/2011.


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cacar air tak hanya dapat menyerang anak-anak, tapi juga orang dewasa. Tapi jangan khawatir, obat alami cacar air pada anak maupun orang dewasa bisa didapatkan dengan mudah.

Cacar air atau varicella adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Penyakit yang sangat menular ini sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa dengan daya tahan tubuh lemah atau menurun.

Meski tidak berbahaya, penyakit cacar air tetap saja perlu diwaspadai karena bisa berubah menjadi parah akibat infeksi bakteri. Penularan cacar air biasanya dapat terjadi melalui batuk, bersin, maupun sentuhan langsung dengan cairan dalam lepuh cacar air atau dengan penderita penyakit ini.

Jika anak merasakan tubuhnya sangat lemas, tidak mau makan, kadang demam disertai gatal-gatal yang berlangsung selama 10 sampai 21 hari, bisa dipastikan anak tersebut mengalami gejala awal penyakit cacar air. Setelah itu, gejala cacar air selanjutnya yang akan muncul adalah timbulnya ruam berbintik merah yang dapat ditemukan di sekitar dada, perut, punggung dan juga wajah.

Baca juga: Berikut cara investasi ORI 018, cuma butuh empat langkah

Dalam proses penyembuhannya, luka akibat cacar air dapat meninggalkan bekas dengan membentuk jaringan ikat atau scar di area kulit. Pada penderita cacar air di usia remaja dan dewasa, bekas cacar air ini akan lebih sulit menghilang dibandingkan pada usia anak-anak.

Obat alami cacar air

Sebenarnya tidak ada pengobatan yang spesifik untuk penyakit cacar air. Pengobatan diberikan berdasarkan keluhan yang dirasakan oleh penderita.

Berikut ini adalah obat alami cacar air pada anak yang bisa membantu Anda atau si kecil merasa lebih baik sampai sistem kekebalan menangkis virus penyebab cacar air:

1. Hisap es lilin bebas gula

Es lilin bebas gula bisa menjadi obat alami cacar air pada anak. Pasalnya, cacar air juga bisa muncul di dalam mulut.

Jika terjadi, hal itu bisa sangat menyakitkan. Mempersilakan anak untuk menghisap es lilin bebas gula bisa menjadi cara yang baik untuk meredakan cacar air di dalam mulut.

Sebagai bonus, cara ini juga dapat memungkinkan anak mendapatkan lebih banyak cairan dan menghindari dehidrasi ketika mengalami cacar air. Selain itu, jika lepuhan carar air muncul di sekitar mulut, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi atau memberi anak pilihlah makanan dengan tekstur yang lembut dan lunak untuk menghindari rasa nyeri saat menggigit.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×