Inilah 5 Makanan untuk Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Selasa, 14 Juni 2022 | 07:01 WIB Sumber: Sonora.id
Inilah 5 Makanan untuk Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

ILUSTRASI. Inilah 5 Makanan untuk Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada banyak obat untuk menurunkan kolesterol tinggi secara cepat. Selain dengan obat, sejumlah makanan juga bisa membantu untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Makanan untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi bukan hanya buah. Sejumlah makanan dengan karbohidrat tinggi juga bisa menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat.

Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika seseorang memiliki kadar lemak jahat di dalam tubuh yang tidak terkontrol. Kondisi ini tidak dapat diabaikan begitu saja karena bisa menimbulkan penyakit lain, seperti stroke hingga serangan jantung.

Banyak sekali cara untuk menghindari kolesterol tinggi, salah satunya dengan membatasi konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat di dalamnya. Tetapi tenang, tidak selamanya makanan berkarbohidrat dapat menyebabkan seseorang mengalami kolesterol tinggi.

Dikutip dari kompas.com, berikut ini adalah 5 makanan berkarbohidrat untuk menurunkan kolesterol tinggi:

1. Oat

Makanan pertama untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi adalah obat. Eating Well memberitakan, oat mengandung beta-glukan unik yang berperan sebagai serat pangan larut air untuk tubuh manusia.

Beta-glukan sebagai polisakarida ini mampu mengikat dan menghilangkan lemak jahat (LDL) sebelum diserap oleh tubuh. Anda dapat mengonsumsi oat setidaknya sebanyak 3 gr dalam sehari karena mampu menurunkan kolesterol tinggi sampai 10 mg/dL.

Baca Juga: Ciri-Ciri Usus Buntu Dari Gejala Ringan yang Harus Diwaspadai pada Anak dan Remaja

2. Buah Plum

Makanan kedua untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi adalah buah plum. Buah plum juga termasuk sebagai makanan berkarbohidrat untuk turunkan kolesterol tinggi paling ampuh.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, buah plum dapat meningkatkan kadar lemak baik (HDL) serta menurunkan rasio kolesterol total pada HDL di dalam tubuh manusia.

Selain itu, jenis buah ini juga memegang peran penting dalam regulasi mikroflora usus, sehingga mampu menurunkan kolesterol tinggi yang diderita oleh seseorang.

3. Buah Beri

Makanan ketiga untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi adalah buah beri.  Penelitian membuktikan bahwa buah beri dapat menurunkan jumlah kolesterol total dan LDL secara konsisten serta meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh.

Ini disebabkan oleh buah beri yang mengandung vitamin, antioksidan, dan serat yang mampu menjaga kesehatan tubuh dengan baik, salah satunya menuruntkan kolesterol tinggi.

4. Buah Tin

Makanan keempat untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi adalah buah tin. Website Eat This juga mengungapkan bahwa buah tin merupakan makanan berkarbohidrat untuk turunkan kolesterol tinggi.

Buah tin mengandung serat larut serta kalsium, kalium, dan magnesium yang bisa membuat kolesterol tinggi pergi dari dalam tubuh.

Anda dapat mengonsumsi setidaknya tiga sampai lima buah tin dalam satu hari untuk menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh.

5. Kentang

Makanan kelima untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi adalah kentang. Dalam satu kentang, terdapat kandungan serat larut yang mampu menyerap kolesterol tinggi di dalam tubuh agar tidak menyumbat aliran darah.

Selain itu, jenis kentang ungu juga dapat menurunkan kandungan kolesterol tinggi karena mengandung antosianin untuk mengikat LDL.

Itulah daftar makanan untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi. Konsumsi makanan di atas secara teratur agar efektif menurunkan kolesterol tinggi. Selain itu, jauhi makanan penyebab kolesterol seperti jeroan, goreng-gorengan, mie instan dll. (Gema Buana Dwi Saputra )

Artikel ini telah tayang di Sonora.id berjudul "Penyandang Kolesterol Pasti Senang, Konsumsi 5 Makanan Berkarbohidrat Ini Untuk Turunkan Kolesterol Tinggi, Sudah Anda Coba Belum?"
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru