Inilah 5 jenis vaksin Covid-19 yang sudah ada di Indonesia

Kamis, 09 September 2021 | 14:17 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Inilah 5 jenis vaksin Covid-19 yang sudah ada di Indonesia

ILUSTRASI. Petugas mendata Envirotainer berisi vaksin Covid-19 produksi Sinovac setibanya di Teminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (23/8/2021).


KONTAN.CO.ID - Hingga Agustus 2021 sudah ada 5 jenis vaksin Covid-19 yang tiba di Indonesia. 

Seluruh vaksin yang disediakan pun memberikan manfaat yang sama untuk membangun antibodi tubuh dalam melawan virus corona penyebab Covid-19. 

Dikutip dari laman resmi Covid19.go.id, pemerintah pun mengimbau masyarakat untuk tidak pilih-pilih vaksin. 

"Dengan adanya beberapa macam vaksin ini, kami imbau agar masyarakat tidak pilih-pilih vaksin, karena semua vaksin memberikan manfaat yang sama yaitu membangun antibodi tubuh kita," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. 

Lantas, apa saja 5 jenis vaksin Covid-19 yang telah ada di Indonesia? 

Baca Juga: Korea Selatan siap hidup normal, berdampingan dengan COVID-19

5 Jenis vaksin yang ada di Indonesia

Dirangkum dari laman resmi Covid19.go.id dan Jakarta Smart City, 5 jenis vaksin Covid-19 yang sudah tiba di Indonesia hingga Agustus 2021:

1. Sinovac

Vaksin Sinovac

Sinovac adalah vaksin yang diproduksi perusahaan biofarmasi China, Sinovac BioTech. Vaksin bermerek CoronaVac ini merupakan tipe vaksin whole virus yang memanfaatkan virus SARS-CoV-2 nonaktif. 

Virus tersebut sudah tidak dapat menginfeksi tubuh, namun bisa memicu pembentukan imun dalam tubuh kita. Vaksin Sinovac memiliki berbagai angka efikasi dari beberapa negara yang telah melakukan uji coba.

Dalam uji coba di Brazil, vaksin Sinovac memiliki efikasi sekitar 50,65%. Di Turki, efikasi vaksin Sinovac mencapai sekitar 91,25%. Sedangkan di Indonesia, efikasi vaksin Sinovac sekitar 65,3%.

Setelah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), vaksin Sinovac mulai digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia. 

Selain Indonesia, negara-negara lain yang sudah memesan vaksin Sinovac di antaranya Brasil, Chili, Turki, Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Baca Juga: Alhamdulillah! Kasus corona di Jakarta turun, 72%-86% tempat tidur rumah sakit kosong

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru