kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

Inilah 5 Camilan Sehat Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat


Minggu, 15 September 2024 / 21:25 WIB
Inilah 5 Camilan Sehat Rendah Purin bagi Penderita Asam Urat
ILUSTRASI. Kacang almond


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada beberapa pilihan camilan sehat yang cocok untuk penderita asam urat yang memiliki kandungan purin rendah. Memilih camilan yang tepat dapat menjadi solusi agar penderita tetap dapat menikmati camilan tanpa meningkatkan risiko kadar asam urat dalam tubuh.

Asam urat adalah zat yang dihasilkan dari pemecahan purin dalam tubuh, dan tingginya kadar asam urat dalam darah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti nyeri sendi dan batu ginjal pada penderita asam urat.

Purin adalah senyawa yang terdapat dalam berbagai makanan, dan ketika tubuh memecah purin, ia menghasilkan asam urat.

Sehingga, salah satu upaya untuk mengurangi adanya peningkatan kadar asam urat adalah makanan rendah purin. Makanan ini bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, sehingga dapat mencegah atau mengelola kondisi seperti gout (asam urat) dan batu ginjal.

Baca Juga: Rutin Minum Rebusan Daun Binahong Bisa Membawa Manfaat & Cara Membuat Rebusannya

Manfaat makanan rendah purin

Kacang almond dan mede

Ada beberapa pertimbangan ketika Anda memilih makanan rendah purin berikut, meliputi:

  • Mengurangi risiko serangan gout: Mengonsumsi makanan rendah purin dapat membantu menurunkan produksi asam urat, mengurangi risiko serangan gout yang menyakitkan.
  • Mencegah pembentukan batu ginjal: Asam urat yang berlebihan juga dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Diet rendah purin membantu menjaga kadar asam urat tetap terkendali.
  • Meningkatkan kesehatan sendi: Dengan menjaga kadar asam urat yang sehat, risiko peradangan dan kerusakan sendi akibat gout dapat diminimalisir.
  • Mengurangi risiko komplikasi lain: Kadar asam urat yang tinggi juga terkait dengan risiko penyakit jantung dan gangguan metabolik. Mengurangi konsumsi purin bisa membantu menjaga keseimbangan kesehatan secara keseluruhan.

Makanan ringan yang rendah purin merupakan pilihan yang baik bagi penderita asam urat, karena dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa camilan sehat yang direkomendasikan untuk penderita asam urat yang memiliki kandungan purin rendah.

Baca Juga: 7 Makanan yang Terlarang Penderita Asam Urat, Kandungan Purin Tinggi

Camilan Rendah Purin

Simak beberapa camilan sehat untuk penderita asam urat yang rendah purin, dirangkum dari Our Everyday Life.

1. Biji-bijian

Biji-bijian seperti kacang polong dan kenari adalah camilan yang baik untuk menghindari purin tinggi, yang sering ditemukan dalam daging. Selain kaya akan protein, biji-bijian seperti jagung juga mengandung lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan poli. Anda bisa mencoba selai kacang yang dioleskan di atas kerupuk gandum atau roti panggang sebagai camilan yang sehat dan mudah.

2. Roti Sourdough dan Karbohidrat Lainnya

Karbohidrat dapat membantu tubuh mengeluarkan asam urat berlebih. Rekomendasi camilan dari University of Pittsburgh Medical Center termasuk cracker gandum utuh, roti panggang gandum, dan sereal tanpa gula. Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya enam porsi karbohidrat kompleks setiap hari, terutama yang berasal dari biji-bijian utuh.

3. Buah dan Sayuran Segar

Anda dapat menambahkan buah dan sayuran segar ke dalam camilan dapat membantu menahan lapar. Buah seperti apel utuh, pisang, jeruk, dan secangkir sayuran seperti wortel dan seledri adalah pilihan yang baik. Pilih saus rendah lemak untuk menambah rasa tanpa berlebihan. Dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya dua porsi buah dan tiga porsi sayuran setiap hari.

4. Kacang Almond dan Kacang Lainnya

Kacang almond, kenari, dan walnut adalah camilan yang cocok untuk penderita asam urat. Kacang-kacangan ini kaya akan protein nabati dan rendah purin. Mengonsumsinya secara rutin dapat membantu memberikan rasa kenyang dan memberikan manfaat maksimal.

5. Yogurt Rendah Lemak

Menurut Mayo Clinic, yogurt rendah lemak adalah camilan sehat yang dapat membantu mengurangi risiko asam urat. Disarankan mengonsumsi satu hingga dua cup yogurt tawar berukuran 100 gram setiap hari.

Yogurt tanpa rasa lebih baik karena tidak mengandung gula tambahan, yang meskipun tidak secara langsung memperburuk asam urat, dapat menambah kalori. Pilih yogurt rendah lemak atau tanpa lemak, karena makanan berlemak tinggi dapat memperburuk kondisi asam urat.

Itulah penjelasan terkait rekomendasi makanan camilan sehat untuk penderita asam urat yang rendah purin serta mudah dikonsumsi.

Selanjutnya: Prediksi & Link Streaming Persija vs Dewa Utd, Jadwal BRI Liga 1 Hari Ini (16/9)

Menarik Dibaca: Dukung Kesadaran Maritim Lewat Edukasi kepada Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×