Inilah 4 pantangan ibu hamil yang patut Anda waspadai

Senin, 07 Juni 2021 | 12:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 pantangan ibu hamil yang patut Anda waspadai

ILUSTRASI. Makanan cepat saji termasuk salah satu pantangan ibu hamil yang perlu Anda waspadai. REUTERS/Lucy Nicholson/File Photo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan saat hamil. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang tergolong dalam pantangan ibu hamil sehingga Anda perlu menghindarinya. Dengan begitu, kesehatan tubuh dan janin dalam kandungan dapat terjaga.

Melansir Healthline (healthline.com), ikan yang mengandung banyak merkuri perlu Anda waspadai. Jumlah merkuri dalam tubuh yang terlalu banyak dapat menurunkan sistem imun tubuh dan mengganggu sistem saraf. Tak hanya itu, merkuri juga dapat menyebabkan masalah pada ginjal dan organ lain.

Selain ikan yang mengandung merkuri, masih banyak jenis makanan dan minuman lain yang sebaiknya tidak Anda konsumsi selama hamil. Jika Anda ragu mengenai menu makan Anda selama hamil, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter, ya.

Kafein

Siapa yang suka minum kopi? Ternyata, minum kopi selama hamil tidak disarankan, lo. Alasannya karena kopi mengandung kafein. Selain kopi, masih banyak jenis makanan dan minuman lain yang mengandung kafein, seperti teh, minuman bersoda, cokelat, dan lain sebagainya.

Kafein mudah masuk ke plasenta. Maka dari itu, Anda perlu membatasi konsumsi kafein, bahkan benar-benar menghindarinya. Jika Anda terus mengonsumsi kafein, dikhawatirkan pertumbuhan janin dapat terhambat.

Baca Juga: Kaki bengkak saat hamil? Ini penyebab dan cara mengatasinya

Alkohol

Salah satu pantangan ibu hamil adalah alkohol.

Selain kafein, alkohol juga termasuk dalam daftar pantangan ibu hamil. Mengonsumsi alkohol selama hamil dapat mengganggu perkembangan otak bayi, bahkan dapat mengakibatkan keguguran. Selain itu, alkohol juga berpengaruh pada intelektual dan kondisi jantung janin.

Telur Mentah

Healthline mengatakan bahwa telur mentah tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda karena mengandung bakteri Salmonella. Beberapa gejala yang muncul saat tubuh Anda terinfeksi Salmonella adalah mual, muntah, demam, dan diare.

Meski jarang terjadi, infeksi bakteri Salmonella bisa mengakibatkan kelahiran prematur. Ada banyak jenis makanan yang mengandung telur mentah, misalnya telur urak-arik setengah matah, es krim buatan rumah, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bagi ibu hamil yang terinfeksi Covid-19, bisa konsumsi 4 makanan ini

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau junk food termasuk pantangan ibu hamil yang perlu Anda hindari. Bukan tanpa alasan, makanan cepat saji mengandung nutrisi yang rendah, tapi memiliki banyak kalori, gula, lemak yang tidak baik untuk kesehatan Anda dan janin.

Selain itu, kandungan-kandungan dalam makanan cepat saji dapat menambah berat badan. Saat berat badan bertambah, risiko berbagai macam penyakit yang mengganggu kondisi kehamilan Anda pun meningkat.

Selanjutnya: Ini bahayanya minum teh berlebihan, susah tidur hingga komplikasi kehamilan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru