Inilah 4 Makanan yang Cocok Jadi Obat Herbal Kolesterol

Sabtu, 22 Januari 2022 | 14:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 Makanan yang Cocok Jadi Obat Herbal Kolesterol


KONTAN.CO.ID - Kolesterol yang tidak terkontrol berisiko memicu masalah kesehatan lain yang lebih serius. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk mulai rutin mengonsumsi makanan-makanan yang tergolong obat herbal kolesterol.

Sebenarnya, kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang terproduksi secara alami di tubuh. Nah, pola hidup yang tidak sehat, misalnya mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu, bisa memperbanyak jenis lemak tersebut.

Apabila jumlahnya tidak Anda kontrol, kolesterol dapat menimbulkan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, stroke, dan jenis penyakit lain yang membahayakan tubuh. Cobalah untuk menghindari risiko itu dengan mengonsumsi beberapa bahan alami ini.

Buah dan sayur

Mengutip dari Heart Foundation, buah dan sayur memiliki jenis serat yang mampu menyerap kolesterol. Jika Anda mengonsumsi buah dan sayur secara teratur, jumlah kolesterol akan terus menurun.

Baca Juga: 4 Makanan untuk penderita diebetes ini dapat jadi opsi

Kacang kedelai

Kacang kedelai termasuk dalam daftar obat herbal kolesterol.

Kacang kedelai adalah bahan alami berikutnya yang cocok dijadikan obat herbal kolesterol. Hal yang sama juga berlaku pada produk olahan kacang kedelai yang lain. Mulai dari susu kedelai, tahu, hingga tempe.

Menurut sebuah penelitian, rutin mengonsumsi kacang kedelai bisa menurunkan kolesterol.

Namun, ada hal penting yang perlu Anda perhatikan. Usahakan untuk mengonsumsi kacang kedelai tanpa perasa atau pemanis tambahan, ya. Pastikan pula untuk mengolah kacang kedelai dengan cara yang sehat.

Oatmeal

Heart Foundation menyebutkan, oatmeal dapat menurunkan kolesterol. Anda bisa mengombinasikan oatmeal dengan bahan bergizi lain, misalnya, barley. Beta glukan, salah satu jenis serat yang ada di oatmeal dan barley, mampu mengurangi jumlah kolesterol.

Sama seperti kacang kedelai, Anda perlu mengonsumsi oatmeal tanpa tambahan gula. Selain baik untuk kesehatan jantung, makan oatmeal secara teratur juga termasuk salah satu cara menurunkan berat badan.

Baca Juga: Ingin punya berat badan ideal? Ini 3 cara menurunkan berat badan dengan cepat

Lemak sehat

Obat herbal kolesterol berikutnya yang bisa Anda coba adalah makanan-makanan yang kaya lemak sehat. Contohnya, alpukat dan minyak zaitun. Selain mengurangi kolesterol, jenis makanan tersebut pun bisa menurunkan risiko kolesterol.

Itulah beberapa pilihan makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Supaya kesehatan tubuh Anda selalu terpantau, jangan lupa untuk mengecek kesehatan ke dokter secara teratur. Jika memang diperlukan, biasanya dokter akan memberikan resep obat untuk Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru