kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,31   5,71   0.57%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 3 cara alami mengatasi masalah ruam kulit


Minggu, 25 Juli 2021 / 13:00 WIB
Inilah 3 cara alami mengatasi masalah ruam kulit


Reporter: Rizka Noveliana | Editor: Rizka Noveliana

KONTAN.CO.ID - Ruam adalah munculnya lesi kulit berwarna merah, menonjol, bersisik, atau gatal, yang bersifat sementara dan mungkin disertai lepuhan atau bilur. Ruam pada kulit dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya meliputi cuaca yang panas dan lembap, paparan sinar matahari. 

Biasanya, anda menyembuhkan ruam kulit dengan cara mengoleskan krim, lotion, atau antihistamin untuk meredakan nyeri yang dirasakan. Pastinya, Anda juga bisa meredakan ruam kulit dengan tiga cara alami, sebagai berikut:

Baca Juga: 4 Cara mengatasi rambut rontok, bisa pakai bahan alami

1. Mengoleskan gel lidah buaya

Penggunaan gel lidah buaya dalam kesehatan dan kecantikan kulit sudah lama diketahui banyak orang. Lidah buaya mengandung vitamin B-12, kalsium, magnesium, seng, vitamin A C E, dan asam lemak esensial. Selain itu, efek anti-inflamasinya didapat dari kandungan enzim, karbohidrat, dan sterol. Anda cukup mengoleskan secara rutin gel lidah buaya pada area ruam di kulit yang sudah dibersihkan. 

2. Tea tree oil

Melansir dari cnfstore.com, tea tree oil merupakan bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ruam kulit. Bahan alami ini mampu bekerja melawan infeksi bakteri, virus, dan jamur pada kulit. Untuk mengaplikasikannya, encerkan tea tree oil dengan campuran minyak esensial lain seperti minyak kelapa atau minyak zaitun terlebih dahulu agar tidak menyebabkan kulit sangat kering. Lalu aplikasikan pada area kulit yang terkena ruam setelah mandi.

3. Gunakan body soap yang tepat

Anda bisa gunakan sabun mandi yang ringan dan lembut serta tidak mengandung parfum. Jangan gunakan sabun secara berlebihan dan pilihlah formula yang aman untuk kulit sensitif. Hindari sabun dan detergen dengan kandungan alkali yang tinggi, losion atau sabun atau pelembab yang mengandung parfum, serta zat apa pun yang diketahui dapat memicu alergi, dapat membantu meringankan iritasi kulit. Penggunaan antihistamin atau krim steroid juga dapat membantu. 

Tiga bahan alami tersebut bisa menjadi solusi mengatasi masalah ruam kulit. Namun, jika ruam kulit masih belum membaik dianjurkan anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kulit. Sehat selalu, moms!

Selanjutnya: Kenali 5 Bahan Alami dan Manfaatnya dalam Body Care Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×